1000 Taruna TNI/Polri Akan Gelar Latihan di Banten Selama Satu Bulan

Dprd

SERANG – Latihan Integrasi Taruna Wreda Nusantara (Latsitarda) ke 38 yang akan diikuti oleh Akademi Polisi (Akpol), Akademi Militer (Akmil), Institute Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) akan digelar di Banten pada 12 April 2018 mendatang.

Hal tersebut disampaikan Perwira Pembantu Operasional Pendidikan Akademi TNI, Letkol Infantri Irwansyah.

Kegiatan tersebut dalam rangka pembekalan Akpol, Akmil, dan IPDN, sebelum dilantik secara resmi akan dilakukan pengabdian kepada masyarakat di Provinsi Banten.

“Sekitar 1000 Taruna akan mengikuti kegiatan ini selama satu bulan dan mengabdi ke daerah yang dituju seperti Akmil di Lebak, Angkatan Laut di Cilegon, Angkatan Udara di Kabupaten Serang dan Akpol di Pandeglang yang akan dikoordinasikan oleh masing-masing Kepala Daerah, Kapolres, dan Dandim,” ungkapnya saat ditemui wartawan di Pendopo Kabupaten Serang, Senin (15/1/2018).

Pengabdian Taruna berupa kegiatan fisik dan non fisik seperti pembersihan jalan, perbaikan fasilitas umum, perbaikan MCK dan membantu Rutilahu di masing-masing daerah.

Sankyu rsud mtq

“Karena mereka adalah calon komandan maka dihimbau agar bisa berbaur dengan masyarakat sekitar dan menyatukan perbedaan di masing-masing daerah, kami juga akan melatih siswa setempat untuk bermain drum band dan yang terpilih akan tampil saat penutupan nanti bersama Taruna,” imbuhnya.

Dede pcm hut

Diketahui pembukaan kegiatan tersebut akan dilaksanakan di Stadion Maulana Yusuf Serang dan dibuka oleh Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto.

Rencana kegiatan Latihan Integrasi Taruna Wreda Nusantara (Latsitarda) pada 12 April 2018 mendatang di sambut baik oleh Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah di pendopo Kabupaten Serang.

Menurutnya, kehadiran Taruna di tengah masyarakat sekaligus bisa membuka informasi bagi para pemuda yang mempunyai keinginan menjadi Taruna pada kesempatan berikutnya.

“Ini kesempatan emas, bisa mendorong pemuda sekitar agar bisa menggali informasi untuk menjadi Taruna. Seperti syarat untuk mengikuti IPDN, Akmil, dan Akpol, siapa tahu ada yang memenuhi,” ungkapnya.

Selain itu, Tatu juga mengatakan, taruna yang mendapatkan lokasi di wilayah Kabupaten Serang akan mengabdi di empat kecamatan yaitu Cikeusal, Petir, Tunjung Teja, dan Pamarayan.

“Dipilihnya empat kecamatan tersebut agar memudahkan kordinasi hanya dengan satu Polres saja. Kegiatan ini akan kami manfaatkan agar bisa membantu masyarakat disekitar,” ungkapnya.

Diketahui jumlah Taruna yang mengikuti sebanyak 161 orang, 25 mahasiswa lokal, dan 35 pengasuh. (*/Dave)

Bank bnten
WP-Backgrounds Lite by InoPlugs Web Design and Juwelier Schönmann 1010 Wien