Berantas Pengangguran, FKP Kota Serang Ajak Pemuda Tingkatkan Skill

Lazisku

SERANG – Masalah pengangguran merupakan kasus krusial yang menyebabkan lambannya pertumbuhan ekonomi di suatu daerah. Penyebab utama tingginya pengangguran di suatu daerah karena masih kurangnya lapangan kerja, rendahnya jenjang pendidikan yang dicapai masyarakat, dan minimnya keterampilan yang dikuasai oleh sumber daya manusia.

Di kota Serang, berdasarkan data dari Disnakertrans, ada sekitar kurang lebih 6.500 pengangguran. Hal itu lantaran Kota Serang lebih banyak bergerak dalam bidang barang dan jasa, serta belum adanya bidang produksi atau industri di Kota Serang yang mengakibatkan minimnya tercipta lapangan pekerjaan.

Menanggapi hal itu, Koordinator Forum Komunikasi Pemuda (FKP) Kota Serang, Agung Setiabudi mengajak para kaum muda untuk lebih meningkatkan sumber daya manusia (SDM) dengan keterampilan dan menumbuhkan mental berani serta memiliki daya saing tinggi dalam sisi entrepreneur.

DPRD Pandeglang Kurban
Kpu

“Sehingga para pemuda tidak lagi terpaku pada perusahaan, melainkan bisa untuk berwirausaha secara mandiri,” ucapnya saat menggelar dialog publik bersama Disnakertrans Kota Serang terkait masih tingginya angka pengangguran di Kota Serang, Sabtu (24/8/2019), di salah satu rumah makan di Kota Serang.

Agung pun berharap peran Pemerintah Kota Serang agar mampu membaca peluang bagi para kaum muda yang masih kesulitan mendapatkan pekerjaan dengan memberikan pembekalan melalui upaya pemberdayaan pemuda.

“Ke depan pihak Disnaker bisa memfasilitasi para pemuda yang mencari kerja dalam bentuk pemberdayaan pemuda,” tandasnya. (*/Qih)

DPRD Banten Kurban
WP-Backgrounds Lite by InoPlugs Web Design and Juwelier Schönmann 1010 Wien