Bupati Serang Raih Baznas Award Kategori Pendukung Pengelolaan Zakat Terbaik

Dprd ied

 

SERANG – Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah meraih penghargaan Baznas Award 2024 kategori Kepala Daerah Pendukung Pengelolaan Zakat Terbaik.

Penghargaan ini diberikan langsung Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) RI Profesor KH. Noor Achmad kepada Ratu Tatu di Hotel Bidakara, Jakarta, Kamis (29/2/2024).

Bagi Ratu Tatu, Baznas Award tahun ini merupakan yang ketiga kali setelah sebelumnya diterima pada tahun 2019 dan 2020.

“Alhamdulillah, penghargaan ini adalah apresiasi, sekaligus motivasi bagi Ibu secara pribadi, dan selaku Bupati Serang untuk terus meningkatkan jumlah zakat infaq sedekah demi kepentingan umat,” ucap Tatu melalui siaran pers.

Tatu menyampaikan terima kasih kepada para kepala organisasi perangkat daerah (OPD), baik kepala badan maupun kepala dinas, para camat, dan jajaran aparatur Pemkab Serang yang telah mengumpulkan zakat, infaq, dan sedekah melalui Baznas Kabupaten Serang.

“Semoga apa yang kita lakukan menjadi bagian dari ibadah kepada Allah SWT,” ujar Tatu.

Penghargaan ini tidak lepas dari dukungan Ratu Tatu terhadap Baznas dan peningkatan zakat infaq sedekah (ZIS). Dukungan yang dimaksud mulai dari bantuan operasional untuk Baznas Kabupaten Serang, infaq ASN, hingga Gebyar Zakat yang rutin digelar setiap tahun.

dprd tangsel

Tidak hanya itu, Ratu Tatu selaku kepala daerah juga mendorong para pengusaha yang bermitra dengan Pemkab Serang untuk menyampaikan ZIS melalui Baznas.

Salah satu program yang rutin dilaksanakan setiap tahun adalah Gebyar Zakat menjelang Idul Fitri. Berdasarkan data dari Baznas Kabupaten Serang, tahun 2023 lalu, dari kegiatan ini terkumpul Rp 2,5 miliar.

Bukan hanya itu, perolehan ZIS yang diterima Baznas Kabupaten Serang juga setiap tahun meningkat. Tahun 2021 sebesar Rp 18 miliar, meningkat tahun 2022 Rp 23,5 miliar, dan 2023 Rp 25 miliar. Mayoritas perolehan tersebut berasal dari aparatur sipil negara (ASN) Pemkab Serang.

Ratu Tatu menambahkan, zakat, infaq, dan sedekah harus kita keluarkan untuk membersihkan harta dan keberkahan.

“Manfaat dari zakat ini bukan hanya untuk kita pribadi, tetapi juga dapat membantu banyak umat yang membutuhkan,” ujar politisi Partai Golkar ini.

Sementara itu, Ketua Baznas RI Profesor KH Noor Achmad mengatakan, Baznas Awards merupakan agenda tahunan untuk memberikan apresiasi kepada para pihak yang telah berperan dalam membangun tata kelola zakat di Indonesia.

Pada 2024 ini, Baznas memberikan 395 penghargaan kepada tokoh dan lembaga, kepala daerah, mitra dan donatur, serta Baznas daerah dan LAZ yang telah berperan aktif dalam membesarkan peran zakat di Indonesia dan konteks global.

“Dari tahun ke tahun, ada lompatan-lompatan besar pengelolaan zakat di Indonesia. Tahun lalu di 2023, zakat di Indonesia mulai menjalankan peran penting yaitu menjalin aliansi strategis secara lintas negara dalam membela kemanusiaan di Gaza dan Palestina,” tandasnya. (*/Fachrul)

Golkat ied