Dprd kanal

Dana Bantuan Parpol, Pemkot Serang Siapkan Anggaran Rp1,2 Miliar

Loading...

SERANG – Pemerintah Kota Serang melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Serang berencana akan menyiapkan bantuan dana untuk Partai Politik (Parpol) senilai Rp 1,2 Miliar pada tahun 2020 mendatang. Bantuan keuangan itu dibagikan kepada delapan parpol yang memiliki kursi di DPRD Kota Serang.

Kepala Kesbangpol Kota Serang Gholib mengatakan, besaran dana yang diterima masing-masing partai tergantung perolehan suara tergantung jumlah perolehan suara sah pada pemilihan legislatif (Pileg) 2019. Bantuan Parpol itu nilainya tidak mengalami perubahan tetap di angka Rp 3.548 persuara sah.

“Untuk saat ini anggaran yang disiapkan Pemerintah Kota Serang untuk Parpol yang duduk di kursi DPRD sebesar Rp 1,2 Miliar selama satu tahun,” katanya, Kamis (12/9/2019).

PCM

Jumlah dana bantuan Parpol tersebut dikatakan Gholib, mengalami kenaikan dari jumlah tahun lalu karena ada penambahan suara.

“Ada penambahan dari suara partai. Untuk detail jumlah dana bantuan tahun lalu saya lupa yang pasti mengalami kenaikan dari tahun lalu,” ujarnya.

Sumber dana Parpol di antaranya iuran anggota, sumbangan perseorangan dan badan usaha, serta bantuan keuangan negara.

Adapun Partai yang mendapatkan Kursi di DPRD Kota Serang yakni, Partai Gerindra dan Golkar mendapat perolehan kursi terbanyak dengan masing-masing mendapatkan sebanyak 7 kursi anggota DPRD Kota Serang. Sisanya terdiri dari fraksi NasDem dengan enam kursi, PKS lima kursi, PDIP, PAN dan Demokrat masing-masing empat kursi, PPP dan PKB tiga kursi, Hanura dan Berkarya sama-sama satu kursi. (*/Ocit)

Bank bnten
WP-Backgrounds Lite by InoPlugs Web Design and Juwelier Schönmann 1010 Wien