Jelang Idul Adha, Distan Kota Serang Lakukan Tes Kesehatan Hewan Kurban

SERANG – Jelang perayaan Idul Adha 1439 Hijriyah yang tinggal beberapa hari lagi, Dinas Pertanian (Distan) Kota Serang melakukan pengecekan hewan kurban disejumlah titik di Kota Serang agar masyarakat mendapatkan hewan yang sehat untuk dikonsumsi, Senin (13/8/2018).

Kepala Bidang Peternakan Dinas Pertanian Kota Serang, Siswati mengatakan, bahwa dalam pengecekan hewan kurban yang dilakukan pihaknya menemukan ada 10 hewan yang mengalami sakit mata dan 8 hewan yang mengalami gangguan pada mulut.

“Ditemukan penyakit mata dan mulut, yang lain-lain gak ada. Ini tidak berbahaya asalkan diobati bisa sembuh, bisa dijual kembali,” ucap Siswati kepada awak media.

Ia pun menyarankan kepada para pedagang hewan kurban yang pada hewannya ditemukan penyakit ringan tersebut untuk memisahkan hewan yang sakit dengan yang sehat agar tidak menular.

Kartini dprd serang

“Yang harus diwaspadai penyakit yang membahayakan yang bisa menular ke manusia, misalnya antraks. Alhamdulillah di Serang tidak ditemukan,” ungkapnya.

Sedangkan untuk hewan yang mengalami penyakit ringan tersebut, disampaikan Siswati, pihaknya sudah melakukan langkah pengobatan dengan memberi tetes mata dan memberi yodium kepada hewan yang mengalami sakit mulut.

Sejumlah hewan kurban yang banyak dijual di Kota Serang diketahui didatangkan dari sejumlah daerah di luar Banten, hanya kerbau dan sapi yang berasal dari Serang.

“Hewan kurban seperti domba, kebanyakan didatangkan dari Garut, Sukabumi dan Tasikmalaya. Sementara kerbau dan sapi berasal dari Serang,” tandasnya. (*/Ndol)

[socialpoll id=”2513964″]

Polda