KKM 60 UNIBA Ciptakan Alat Penyaring Minyak Untuk UMKM Tanjungsari Serang

Loading...

 

SERANG – Mahasiswa peserta Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) Kelompok 60 Desa Tanjungsari Kabupaten Serang Banten, menutupi kegiatan KKM dengan menciptakan teknologi tepat guna.

Adapun teknologi tepat guna tersebut adalah Alat Penyaring Minyak UMKM. Pembuatan alat ini bertujuan membantu para pegia UMKM Desa Tanjungsari, Kecamatan Pabuaran, Kabupaten Serang.

Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Ita Rosita Wahyiah, menyebut UMKM Desa Tanjungsari sudah cukup berkembang, tapi masih diperlukan pembenahan agar UMKM dapat naik kelas dan sejajar dengan UMKM daerah lain.

PCM

“Alat ini dibuat dari toples dan mesin dinamo bekas dari mesin cuci, sehingga sangat ramah lingkungan. Kehadiran alat penyaring minyak ini sangat membantu para pegiat UMKM untuk menyajikan produk olahan yang lebih berkualitas,” ujarnya, Sabtu, (9/9/2023).

Sankyu rsud mtq

Selama ini banyak ditemui keluhan dari para pelaku UMKM di Desa Tanjungsari terkait produk makanan olahan masih kurang renyah, karena dalam produk makanan olahan UMKM ditemui adanya sisa minyak bekas penggorengan yang membekas.

“Akibatnya produk olahan makanan kurang menarik, dan menurunkan niat konsumen untuk membeli,” lanjutnya.

Tapi, dengan kehadiran inovasi yang diciptakan oleh mahasiswa KKM UNIBA 60 tentu bisa menjawab semua permasalahan yang dihadapi oleh pegiat UMKM perdesaan.

“Inovasi ini patut diapresiasi dan kian membuktikan bahwa KKM Universitas Bina Bangsa tahun 2023, memang memiliki nilai kebermanfaatan bagi mensejahterakan kewargaan di tingkat perdesaan,” pungkasnya. (*/Red)

Bank bnten
WP-Backgrounds Lite by InoPlugs Web Design and Juwelier Schönmann 1010 Wien