Pemkot Serang Disumbang 4 Ambulans dan 2 Damkar Oleh Korsel

pcm koperasi

SERANG – Melalui Dinas Kebakaran Provinsi Gyeonggi, pemerintah Korea Selatan memberikan hibah dua mobil ambulans dan empat mobil pemadam kebakaran kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Serang.

Kepala Bidang Sarana dan Prasarana Dinas Pemadam Kebakaran dan Penaggulangan Bencana Provinsi Gyeonggi Korea Selatan Park Seung Ju mengatakan, pemberian itu dalam rangka membantu Pemkot Serang yang hingga kini terlihat masih kekurangan dalam segi sarana dan prasarana di Unit Pelaksana Teknis (UPT) pemadaman kebakaran.

Maka dari itu kata dia, pihaknya berinisiasi untuk membantu Pemerintah Kota Serang dengan menyumbangkan mobil pemadam kebakaran dan ambulans. Pemberian hibah ini lanjutnya, bukan kali pertama dilakukan di negara Indonesia. Sebelumnya pihaknya juga memberikan hal serupa kepada 4 daerah yang ada di Indonesia.

“Saya mendengar untuk kota Serang sendiri masih kekurangan fasilitas sarana dan prasarana untuk pemadam kebakaran, atas dasar itu saya mempunyai kemauan untuk membantu,” kata Park Seung Ju saat ditemui usai audiensi dengan Walikota Serang di Pusat Pemerintahan Kota Serang, Kamis (26/9/2019).

Dengan diberikannya bantuan ini kepada Pemkot Serang, maka pihaknya pun akan memberikan pelatihan kepada anggota Damkar Serang mengenai cara pengoperasian barang tersebut.

Selain itu, pihaknya juga berharap kerjasama yang dilakukan oleh Provinsi Gyeonggi Korea Selatan dengan Pemkot Serang sebagai awal untuk melakukan kerjasama di bidang lainnya.

Loading...

“Saya berharap nantinya akan ada kerja sama lebih lanjut dengan pemerintah kota Serang dengan melakukan pertukaran anggota dinas kebakaran,” harapnya.

Sementara itu, Walikota Serang Syafruddin mengungkapkan, dirinya mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Korea selatan atas sumbangan yang telah diterima oleh Pemkot Serang. Karena dengan bantuan tersebut pelayanan bagi masyarakat untuk penanganan kebakaran bisa cepat teratasi.

“Mereka mendengar kondisi kota Serang masih kekurangan fasilitas-fasilitas pemadam kebakaran mulai dari kendaraan pemadam kebakaran dan ambulans, oleh karena itu mereka memberikan bantuan berupa mobil dan ambulans pada tahun 2020,” ungkapnya.

Namun, sebelum pemberian mobil tersebut, sumber daya manusia di Damkar Kota Serang akan terlebih dulu dilatih oleh Pemerintah Korea Selatan. Hal ini dilakukan agar anggota Damkar Kota Serang bisa dengan cepat memadamkan api ketika kebakaran nanti.

“Sebelum bantuan itu diberikan mereka akan melatih SDM yang ada di Damkar Kota Serang untuk bagaimana mengoprasikan bantuan tersebut,” ujarnya.

Selain itu, kedatangan Damkar Korea Selatan yang didampingi oleh Damkar DKI Jakarta serta Direktorat Kebakaran RI bukan hanya sebatas pemberian hibah semata, kedatangan tamu dari negara Gingseng tersebut untuk mengetahui aneka ragam kebudayaan dan kuliner khas Kota Serang.

BPRS CM tabungan

“Selain kunjungan untuk pemberian bantuan mereka juga ingin mengetahui kota Serang dari sisi budaya, sosial dan kuliner,” tutupnya. (*/Ocit)

Koperasi
WP-Backgrounds Lite by InoPlugs Web Design and Juwelier Schönmann 1010 Wien