Kejar Mimpi Goes to School: Murid SMPN 6 Tangsel Diajari Cara Menentukan Rencana Masa Depan

pcm koperasi

TANGERANG SELATAN – Komunitas Kejar Mimpi Tangerang Selatan (KMTS) yang diinisiasi oleh CIMB Niaga sukses menyelenggarakan roadshow melalui program Kejar Mimpi Goes to School (KMGTS), salah satunya di SMPN 6 Kota Tangerang Selatan.

Dalam program ini terdapat berbagai aktivitas seperti pemberian motivasi dan materi tentang mimpi dan karir, literasi keuangan, hingga pengisian life mapping.

Pada materi Dream and career kali ini menghadirkan Kak Septiana Dwiningrum, sebagai pembicara. Kak Septiana menyampaikan kepada siswa-siswi SMPN 6 Tangerang Selatan tentang pentingnya menentukan dan menjalankan rencana jangka pendek dan jangka panjang.

“Rencana Masa Depan itu terbagi 2 teman-teman, rencana jangka pendek dan jangka panjang,” ucap Kak Septi.

Menurut Kak Septi perencanaan mimpi jangka pendek dan panjang sangatlah penting bagi siswa-siswi SMP karena materi ini dapat menjadi bekal agar para peserta mendapatkan gambaran terkait masa depannya dan menjadi lebih terarah.

Selain itu Kak Septi juga menyampaikan perbedaan antara SMA dan SMK sebagai salah satu tujuan jangka pendek para peserta yang sudah duduk di kelas 9.

Antusiasme yang sangat tinggi ditunjukan oleh siswa-siswi SMPN 6 Tangerang Selatan beberapa diantaranya membagikan rencananya, seperti siswa bernama Daffa yang ingin masuk ke SMK jurusan otomotif agar dapat langsung bekerja setelah lulus.

Ada lagi siswa bernama Samuel yang memilih melanjutkan pendidikan di SMA sebagai salah satu langkah menuju mimpinya masuk ke PKN STAN.

Loading...

Namun tak sedikit siswa-siswi yang masih bingung dan hanya berdasarkan kemauan orang tua.

Kak Septi membagikan beberapa cara untuk menentukan pendidikan lanjutan.

“Saat ini ketahui dulu pertimbangan untuk memilih jenjang pendidikan lanjutan, salah satu cara mengetahuinya adalah dengan memilih berdasarkan apa yang kamu suka dan mulai rencanakan masa depan,” ucap Kak Septi.

Menurut Kak Septi memilih pendidikan lanjutan dapat dimulai dengan memilih berdasarkan apa yang kita sukai, selanjutnya kita dapat melakukan research lebih lanjut untuk mengetahui detail jurusan dan hal-hal lain terkait apa yang kita tuju.

BPRS CM tabungan

Setelah itu kita dapat berdiskusi dengan orangtua, guru, dan teman tentang jenjang pendidikan dan jurusan yang kita pilih, dengan begitu kita akan mendapatkan support dan masukan terkait hal yang ingin kita capai. Dan hal terakhir yaitu dengan mempersiapkan diri.

“Kalian yang ingin masuk Akademi Kepolisian atau kedinasan bisa mempersiapkan fisiknya dari sekarang, yang ingin masuk SMA atau SMK bisa mendalami lagi pelajaran-pelajaran yang berkaitan dengan jurusannya ke depan,” jelas Kak Septi.

Sebagai penutup Kak Septi mengajak siswa-siswi SMAN 6 Tangerang Selatan untuk menuliskan mimpinya karena menurut penelitian dr. Gail Matthews adalah 42% mimpi yang kita tulis akan terwujud, 58% adalah usaha.

“Jangan takut untuk bermimpi, jangan takut untuk terus berusaha, mengusahakan yang terbaik, dan jangan pernah lelah untuk belajar hal baru, karena di SMP menjadi masa yang menyenangkan untuk belajar hal-hal baru yang nantinya akan bermanfaat untuk masa mendatang,” pungkasnya. (*/Red)

Koperasi
WP-Backgrounds Lite by InoPlugs Web Design and Juwelier Schönmann 1010 Wien