Semrawut, Ratusan PKL ‘Makan’ Trotoar di Pasar Anyar Tangerang Digusur

Dprd ied

 

TANGERANG – Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang menertibkan ratusan pedagang kaki lima (PKL) di kawasan Pasar Anyar, Kecamatan Tangerang.

Penertiban lantaran lapak pedagang berdiri di atas trotoar dan setengah badan jalan,

“Fasilitas-fasilitas ini adalah milik bersama dan untuk kepentingan bersama di mana jalan dan trotoar juga adalah hak para pengguna jalan, sehingga baik masyarakat yang berdagang maupun berlalulintas dapat sama-sama merasa nyaman dan aman,” ujar Wakil Wali Kota Tangerang Sachrudin, Selasa, 25 April 2023.

Sachrudin menuturkan, Pemkot Tangerang menginginkan ketertiban dan kenyamanan dapat senantiasa terjaga untuk kepentingan masyarakat, serta menjadikan Kota Tangerang yang bersih dan layak untuk ditinggali.

“Makanya kepedulian sosial harus senantiasa ditingkatkan termasuk juga kepedulian terhadap lingkungan. Penertiban berjalan lancar, bahkan para pedagang dengan sukarela membongkar lapak dagangan masing-masing,” imbuhnya.

dprd tangsel

Operasi gabungan penertiban di kawasan Pasar Anyar melibatkan 389 personel dari unsur TNI, Polri, serta Satpol PP.

Sementara, penertiban itu mendapat respons positif dari masyarakat, seperti Dewo Winanto, warga Kecamatan Tangerang yang setuju akan tindakan tersebut.

Pasalnya, kata Dewo, PKL yang ada di trotoar sangat mengganggu, membuat kumuh, dan menghambat lalu lintas dan pergerakan.

“Saya hampir setiap hari berbelanja di Pasar Anyar untuk kebutuhan warung makan. Buat saya, penertiban ini keputusan yang tepat, karena sudah sangat mengganggu. Karena lapak dagangan, kendaraan motor, mobil hingga angkot semua numpuk di satu jalur ini, macet banget,” jelas Dewo.

Hal senada diungkapkan Azqiara Adha, yang menuturkan rasa terimakasihnya atas penertiban tersebut.

Ia pun berharap, wajah baru yang lebih bersih, nyaman, dan arus lalu lintas yang lancar dan tertib di Pasar Anyar bisa segera dihadirkan.

“Buat saya Pasar Anyar salah satu pasar legendarisnya Kota Tangerang yang harusnya memiliki wajah atau kenyamanan yang bisa lebih dari saat ini. Ya, salah satunya menyelesaikan kesemrawutan PKL disepanjang jalan Pasar Anyar ini,” terang Azqiara. (*/Medcom)

Golkat ied