Krakatau Steel Gelar Program Pemagangan untuk SDM Lokal

CILEGON HEADLINE INDUSTRI

CILEGON – PT Krakatau Steel (Persero) Tbk pada tahun 2018 ini membuka program pemagangan untuk putra putri terbaik lulusan Sekolah Menengah Atas, Madrasah Aliyah, dan Sekolah Menengah Kejuruan, serta siswa berprestasi SMK tingkat akhir. Program ini sepertinya hampir serupa dengan Vocational Training yang sebelumnya beberapa tahun lalu pernah dilakukan oleh PT KS.

Corporate Secretary PT KS, Suriadi Arif menyatakan, program pemagangan ini merupakan pelatihan kerja yang diselenggarakan secara terpadu di bawah bimbingan dan pengawasan instruktur atau pekerja yang lebih berpengalaman untuk meningkatkan keterampilan atau keahlian bagi generasi muda di wilayah Cilegon dan sekitarnya.

“Hal ini sejalan dengan dengan deklarasi pemagangan nasional menuju Indonesia kompeten dan dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan keterampilan para pencari kerja di wilayah Cilegon dan sekitarnya,” ujar Suriadi Arif, dalam siaran persnya, Sabtu (5/5/2018).

Dijelaskannya, proses pelatihan ini mengikuti kurikulum yang sudah disiapkan dan dilaksanakan menggunakan fasilitas pendidikan dan pelatihan di lingkungan PT Krakatau Steel (Persero) Tbk.

“Kurikulum pelatihan yang dipersiapkan merupakan gabungan antara teori dan praktek dengan tetap mengedepankan faktor kesehatan dan keselamatan kerja. Program pemagangan dirancang untuk kurun waktu satu tahun untuk mencapai keterampilan dan keahlian yang dibutuhkan untuk memasuki dunia kerja,” ungkap Arif.

Program ini juga diharapkan akan membuka kesempatan kepada pencari kerja untuk mendapatkan pilihan pekerjaan yang lebih baik. Dasar diselenggarakannya program pemagangan mengacu pada Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 13 tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan serta Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia Nomor 36 Tahun 2016 tentang Penyelenggaraan Pemagangan dalam Negeri.

Selain mendapatkan ilmu dan pengalaman kerja, lebih lanjut Arif menyatakan, para peserta program pemagangan ini akan dilindungi oleh BPJS kesehatan, asuransi dan akan mendapatkan uang saku serta uang makan. Selain itu juga akan mendapatkan asuransi kecelakaan kerja, peralatan keselamatan kerja, seragam, uang transportasi dan tunjangan hari raya sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

“Setelah dinyatakan lulus, peserta pemagangan akan mendapatkan sertifikasi sebagai tanda telah menyelesaikan program ini,” imbuh Arif.

Program pemagangan ini akan berlangsung selama periode 2018 hingga 2019 dan pendaftaran akan dimulai pada 5 Mei 2018 untuk jalur pemagangan SMK/SMA Umum dan tanggal 9 Mei 2018 untuk jalur pemagangan SMK Berprestasi melalui situs resmi perusahaan www.krakatausteel.com.

Baik untuk jalur pemagangan SMK/SMA Umum dan jalur pemagangan SMK Berprestasi pendaftaran akan ditutup tanggal 19 Mei 2018.

Program pemagangan PT Krakatau Steel (Persero) Tbk ini dibuka dengan jalur untuk lulusan SMA, Madrasah Aliyah, dan SMK serta siswa berprestasi SMK tingkat akhir, dengan ketentuan jurusan, yakni Teknik Mesin, Teknik Listrik, Teknik Elektronika, Teknik Instrumentasi, Teknik Kimia, Teknik Pendingin, Analis Kimia, Akuntansi, dan jurusan IPA (Khusus SMA & MA). (*/Red)

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *