35 Kampung KB Terbentuk, Helldy Harap Kualitas Keluarga di Cilegon Meningkat

 

CILEGON – Hingga akhir November 2023 sebanyak 35 Kampung Keluarga Berkualitas (KB) di Kota Cilegon sudah terbentuk. Hal itu diharapkan semakin meningkatkan kualitas keluarga kecil di Kota Cilegon menjadi lebih baik.

Demikian diungkapkan Wali Kota Cilegon Helldy Agustian saat menghadiri acara Pembentukan dan Peresmian Kampung Keluarga Berkualitas di Lapangan Sukmajaya, Kecamatan Jombang, Rabu 29 November 2023.

Dikatakan Helldy, Kampung KB merupakan salah satu inovasi sekaligus strategi untuk dapat mengimplementasikan kegiatan prioritas program pembangunan keluarga, kependudukan dan keluarga berencana di tengah masyarakat.

“Saat ini upaya pembangunan kampung keluarga berkualitas di Kota Cilegon telah melebihi target yang telah ditetapkan. Sejak tahun 2016 hingga 2023, Kota Cilegon berhasil membentuk 35 kampung keluarga berkualitas dari total 43 yang dicanangkan. Jadi tinggal delapan lagi yang harus dibentuk,” kata Helldy.

Lebih lanjut Helldy menegaskan bahwa pembentukan kampung keluarga berkualitas menjadi langkah strategis dalam upaya menanggulangi angka stunting dan meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di Kota Cilegon.

Advertorial

Advertorial

“Pembangunan sumber daya manusia yang berkualitas harus dimulai dari keluarga yang sehat dan berkualitas, dan itulah yang sedang kita upayakan. Pembentukan kampung berkualitas ini juga sebagai upaya kita untuk menekan angka stunting,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kota Cilegon Lia Nurlia Mahatma mengatakan bahwa pihaknya akan terus berupaya dalam membentuk Kampung KB hingga 43 se-Kota Cilegon.

“Kita akan terus berupaya agar 43 kelurahan di Kota Cilegon ini bisa terbentuk kampung keluarga berkualitas. Mudah-mudahan dengan dibentuknya kampung KB hari ini bisa menjadi motivasi bagi kelurahan-kelurahan yang belum membentuk kampung KB,” ucapnya.

Lia meminta kepada seluruh organsiasi perangkat daerah (OPD) untuk mendukung program Kampung KB. Menurutnya, program Kampung KB memiliki indikator yang jelas sebagai langkah untuk percepatan penurunan stunting di Kota Cilegon.

“Saya harap seluruh instansi baik dari pemerintahan ataupun non pemerintah (Industri) bisa mendukung program kampung keluarga berkualitas ini. Program ini sangat penting dimana dalam indikator sudah jelas yaitu sebagai langkah dalam percepatan penurunan angka stunting, jadi saya harap semuanya bisa mendukung,” harapnya.

Diketahui, dalam kegiatan tersebut Wali Kota Cilegon Helldy Agustian meresmikan dua Kampung KB, yaitu Kampung Keluarga Berkualitas “Kamboja” di Kelurahan Sukmajaya, Kecamatan Jombang, dan Kampung Keluarga Berkualitas “Banjar Cempaka Lestari” Kelurahan Banjarnegara, Kecamatan Ciwandan. Proses peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Wali Kota Cilegon Helldy Agustian. (*/Red)