Adanya Temuan Indikasi Kecurangan Pemilihan Umum, PDI Perjuangan & Tim Sukses Caleg Dapil 4 Pulomerak-Grogol Laporkan Kehilangan Suara

CILEGON – PDI Perjuangan dan tim sukses Caleg Dapil 4 Pulomerak-Grogol mengungkapkan temuan yang menunjukkan adanya indikasi kecurangan dan kerugian dalam proses rekapitulasi suara di beberapa tingkat kecamatan. Temuan ini mengemuka setelah peningkatan mencolok dalam jumlah suara untuk beberapa partai politik terdeteksi di hampir empat Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kelurahan Tamansari, Kecamatan Pulomerak, Kota Cilegon.

Menurut Agil Arrasyidi, Tim Pemenangan Amin P Napitupulu, pada beberapa kasus seperti di TPS 36, 39, dan 43 di Kelurahan Tamansari, terjadi peningkatan yang signifikan dalam jumlah suara bagi beberapa partai politik.

“Contohnya, di TPS 36, suara yang semestinya diperoleh oleh partai Nasdem sebanyak 34 suara, namun meningkat menjadi 36 suara. Fenomena serupa juga terjadi di TPS lainnya, seperti di TPS 39, di mana partai PPP yang seharusnya mendapat 9 suara malah tercatat sebanyak 41 suara dalam C-Plano,” kata Agil Arrasyidi, Tim Pemenangan Amin P Napitupulu, pada Minggu (3/1/2024).

Tidak hanya itu, temuan tersebut juga menyoroti kerugian suara yang dialami oleh Partai PDI Perjuangan dan beberapa calegnya.

dprd tangsel

“Sebagai contoh, di TPS 24 Mekarsari, suara partai yang seharusnya tercatat sebanyak 15 suara, namun hanya terhitung sebanyak 5 suara dalam C1. Selain itu, suara caleg dari beberapa kelurahan dan lebih dari 15 TPS juga dianggap tidak sah,” jelasnya.

Menanggapi temuan ini, pihak Partai dan tim sukses caleg Amin P Napitupulu menolak hasil penghitungan suara dan melaporkan kecurangan serta kerugian yang terjadi kepada Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu). Mereka juga akan meminta dilakukan penghitungan suara ulang secara transparan di Pleno Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Cilegon.

“Langkah selanjutnya yang diambil adalah melaporkan kejadian dan temuan tersebut kepada Bawaslu Cilegon. Kami meminta agar pihak Bawaslu dan KPU dapat bersikap adil dan transparan dalam menangani masalah ini,” tegasnya.

Melalui langkah-langkah ini, Partai PDI Perjuangan dan tim sukses caleg Dapil 4 Pulomerak-Grogol berharap pihak berwenang dapat menegakkan integritas dan keadilan dalam proses demokrasi.

“Kami juga akan memastikan bahwa hasil pemilihan umum mencerminkan suara rakyat yang sebenarnya,” imbuhnya. (*/Hery)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Honda