Komisaris Krakatau Steel Grup dari Unsur Relawan Jokowi Laporkan Aktivis Cilegon ke Polisi

 

CILEGON – Para pimpinan Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) Relawan Pendukung Presiden Jokowi pada Pilpres 2019 yang bergabung dalam wadah bersama Komite Nawacita Banten melaporkan ke aparat kepolisian atas adanya dugaan tindak provokasi, penyebaran hoax, dan ujaran kebencian, yang dilakukan oleh aktivis Kota Cilegon Isbatullah Alibasja.

Para pimpinan organisasi mengatasnamakan Komite Nawacita Banten ini adalah mereka yang saat ini duduk sebagai komisaris di PT Krakatau Steel Grup.

Komite Nawacita ini melaporkan ke Polda Banten atas adanya aktivitas media sosial dan aksi-aksi Isbatullah Alibasja yang dinilai berisi hasutan kepada kelompok masyarakat, khususnya para pedagang kecil yang ada di sekitar kawasan PT Krakatau Steel.

MTQ Pemkot

“(Dalam postingan Facebook Isbatullah Alibasja) PT Krakatau Steel disebut telah menuduh mereka para pedagang telah melakukan pencurian tanah untuk tempat berjualan di sekitar PT Krakatau Steel. Padahal PT Krakatau Steel tidak pernah menyatakan hal tersebut,” dikutip dari surat laporan Nawacita ke Polda Banten yang beredar di media sosial, Selasa, (5/7/2022).

Dituliskan dalam surat laporan yang beredar, Komite Nawacita Banten melaporkan Isbat ke Polisi karena melakukan penyebaran ujaran kebencian (hate spech) yang dapat menimbulkan kebencian rakyat Cilegon umumnya maupun para pedagang yang berjualan terhadap PT Krakatau Steel.

“Bahwa kami para pelapor adalah merupakan para komisaris PT Krakatau Steel memiliki kepentingan hukum dan tanggung jawab moral untuk melakukan pembelaan dan mengambil langkah hukum terhadap terlapor, apalagi mengingat PT Krakatau Steel adalah merupakan Badan Usaha Milik Negera yang juga merupakan objek vital nasional yang ada di Provinsi Banten yang wajib dijaga oleh semua pihak termasuk dalam hal ini pihak Kepolisian Daerah Banten untuk menjaga iklim investasi dan perekonomian di Provinsi Banten,” tulis laporan tersebut.

Dari surat laporan yang beredar tersebut diketahui sejumlah pimpinan Ormas Relawan yang turut menandatangani laporan tersebut, yakni Barisan Relawan Jalan Perubahan (BARA JP), diwakili oleh Yusuf Reza Sulaeman sebagai Ketua DPD Bara JP Banten; Walman Siagian, sebagai Ketua DPP Bara JP; Mochammad Sofiyan sebagai Pembina Pospera Banten; Abdul Hafid Permana dari Kornas Jokowi; Ali Soero dari Barikade 98 Banten; Yukendro dari Projo Banten; dan Supriyadi dari Front Marhaenis Cilegon.

Sementara aparat kepolisian Polda Banten sendiri belum bisa dikonfirmasi terkait kebenaran laporan tersebut. (*/Rizal)

Adam