Puskesmas Citangkil 1 Masuk Penilaian Lomba FKTP Berprestasi tingkat Provinsi Banten

Sekda

CILEGON – Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Citangkil 1 diketahui mewakili Kota Cilegon dalam lomba Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) Berprestasi di tingkat Provinsi Banten.

Kepala Puskesmas Citangkil 1 Drg Novita Ambar Uma mengatakan penilaian lomba FKTP Berprestasi tingkat Provinsi Banten ini digelar via daring, Kamis (8/7/2021). Hal tersebut sudah disesuaikan dengan Permenkes untuk akreditasi, juga dalam situasi kondisi pandemi COVID-19 sekarang ini.

Puskesmas Citangkil 1 mempunyai empat inovasi unggulan yang menjadi program Puskesmas dalam menjangkau pelayanan kesehatan di masyarakat.

Puskesmas ini Wakili Cilegon Lomba ditingkat Provinsi /Dok

4 inovasinya yakni “Gempita Beras merah” atau gerakan masyarakat peduli gizi balita bersama CSR membangun generasi sehat yang merupakan upaya dalam program perbaikan gizi.

Pemprov

Kedua “Dodol Cilegon” yakni door to door lansia untuk cek lingkar perut glukosa dan tensi yang merupakan program kesehatan bagi lansia.

Ketiga “Sahrini mobile” atau sarana komunikasi ibu masa kini secara mobile bergerak mendekati sasaran, yang merupakan Program P2P penyakit hepatitis yang berkolaborasi dengan program kesehatan ibu.

Keempat “Geprek Pamosa” yakni gerakan preventif karies pada molar satu program ukgs (upaya kesehatan gigi anak sekolah) yang seluruhnya dikuatkan di tiga kelurahan Taman Baru, Kebon Sari, dan Citangkil,”.

Sementara itu Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Cilegon Dana Sujaksani berharap Puskesmas Citangkil 1 yang mewakili kota Cilegon untuk mengikuti lomba FKTP Berprestasi tingkat Provinsi Banten 2021 dapat menjadi contoh dan memotivasi puskesmas lainnya melakukan inovasi.

Inovasi di tingkat Puskesmas diharapkan agar bisa memberikan pelayanan maksimal sesuai dengan karakteristik wilayah masing-masing, sehingga puskesmas selalu hadir saat dibutuhkan masyarakat. (*/Novita)
.

Lebak