Seminar LBT PII, BNN Cilegon Ajak Pelajar Perangi Narkoba
CILEGON – Pengurus Daerah Pelajar Islam Indonesia (PD PII) Kota Cilegon menggelar seminar pencegahan penyalahgunaan narkoba di Aula DPRD Kota Cilegon, Sabtu (5/7/2025).
Kegiatan ini diikuti oleh puluhan pelajar yang merupakan peserta Leadership Basic Training (LBT) latihan kepemimpinan PII Kota Cilegon 2025.
Seminar tersebut menghadirkan pemateri dari Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Cilegon, Hendra Fitriansah.
Dalam paparannya, Hendra mengapresiasi inisiatif pelajar yang aktif mengambil peran dalam upaya pemberantasan narkoba.
“Kami sangat mengapresiasi kegiatan ini karena menunjukkan adanya komitmen dari teman-teman Pelajar Islam Indonesia untuk turut berkontribusi menyikapi persoalan narkoba di Kota Cilegon,” ujar Hendra.
Ia menambahkan, kasus penyalahgunaan narkoba di Kota Cilegon tergolong mengkhawatirkan dan membutuhkan peran seluruh elemen masyarakat, termasuk kalangan pelajar, dalam upaya pencegahannya.
“Himbauan kami kepada para pelajar, jadilah pelajar yang produktif dan berprestasi tanpa harus menggunakan narkoba. Waspadai peredaran gelap obat-obatan yang menyasar kalangan muda, termasuk yang dijual dengan iming-iming menenangkan atau menurunkan berat badan,” jelasnya.
Hendra juga mengingatkan agar para pelajar berani melapor kepada pihak berwenang jika menemukan aktivitas mencurigakan terkait narkoba di lingkungan sekitar.
Salah satu peserta seminar, Nur, pelajar asal Cilegon, menyambut baik kegiatan tersebut.
Ia menilai seminar ini menjadi kegiatan positif yang bermanfaat selama masa liburan.
“Daripada liburan diisi dengan kegiatan yang tidak bermanfaat, kegiatan seperti ini lebih berguna dan membuka wawasan. Apalagi banyak teman sebaya yang salah pergaulan karena kurang arahan,” ungkap Nur.
Selain pemaparan materi, kegiatan itu juga diisi dengan pemutaran video edukatif mengenai bahaya narkoba, serta sesi interaktif.
Peserta yang berani tampil menyuarakan pesan anti-narkoba di depan forum mendapatkan hadiah sebagai bentuk apresiasi.(*/Nandi).
