Tablig Akbar di Cilegon Expo, Kembalikan Nuansa Cilegon Kota Santri

Gerindra Nizar

CILEGON– Nuansa yang berbeda hadir di hari ke-3 pagelaran Cilegon Expo 2019 di Alun-alun Kota Cilegon, lantunan berbagai syair shalawat dengan iringan musik marawis dan hadroh menghadirkan kesejukan di Kota Cilegon yang panas. Cuaca Selasa (30/4/2019) malam pun turut menjadi teduh menghadirkan suasa Cilegon yang dulu dikenal sebagai kota santri.

Acara Tablig Akbar yang menghadirkan Habib Muhammad dari Jakarta tersebut digelar oleh dua organisasi yakni Himpunan Musik Marawis Indonesia (HIMMI) Kota Cilegon yang sekaligus dilantiknya jajaran pengurus, dan Serikat Hadroh Banten (SHB) Kota Cilegon yang sedang memperingati Milad Ke-1.

Kegiatan yang dihadiri oleh ribuan santri dan berbagai Ormas Islam itu, dan dihelat di panghlgung utama tersebut, turut memeriahkan HUT Kota Cilegon Ke – 20 dan disambut antusias para pengunjung Cilegon Expo 2019.

Fraksi serang

“Dua organisasi yang saya gagas dengan sahabat – sahabat saya ini merupakan organisasi kesenian islami yang sama – sama mempunyai visi dan misi mensyiarkan sholawat melalui seni musik islami yang menambah keindahan, kecintaan, ghiroh dan semangat untuk bersholawat kepada junjungan kita nabi muhammad, SAW,” kata Ketua Dewan Pendiri HIMMI Cilegon dan SHB, Hasidi di sela acara.

Selain itu, Hasidi juga menjelaskan pihaknya ingin mengisi rangkaian kegiatan HUT Kota Cilegon dengan kegiatan positif dan bernuansa keagamaan.

Fraksi

“Pada momentum HUT Kota Cilegon Ke-20 ini kami termotivasi untuk mengisi kegiatan yang positif bernuansa Islami yang kami kemas dalam tablig akbar bersama Al Habib Muhammad Bin Abdurrahman Assegaf Al Habsyi, dalam rangkaian tersebut secara kebetulan dua organisasi ini mempunyai hajat masing – masing seperti HIMMI Kota Cilegon melakukan Pelantikan Pengurus periode 2018 – 2023 yang di ketuai oleh Anis Fu’ad dan SHB memperingati milad atau ulang tahunnya yang ke -1 yang di ketuai oleh Rizki Muhammad Maulidi,” jelasnya.

Ketua HIMMI Kota Cilegon, Anis Fu’ad mengatakan HIMMI Kota Cilegon sejak didirikannya 18 November 2013 telah banyak memberikan kontribusi salah satunya mengajak para seniman marawis dan santri untuk terus istiqomah mengembangkan marawis di Kota Cilegon sebagai kota santri.

“Setelah sebelumnya HIMMI sukses dipimpin oleh Kang Hasidi, kini setelah dilantiknya kami, mohon do’anya pada periode yang saya pimpin ini terus berkembang dan maju dengan jumlah 15 pengurus DPD HIMMI Kota Cilegon dan 8 DPC Se-Kota Cilegon,” katanya.

Sementara itu, Ketua SHB, Rizki Muhammad Maulidi menambahkan, pihaknya bersyukur dengan Milad Ke-1 SHB yang diharapkan bisa terus berkembang dalam mengajak bershalawat dan bisa melekat dicintai masyarakat Cilegon.

“Mudah mudahan masyarakat Kota Cilegon semakin cinta dengan shalawat, dan organisasi SHB ini terus di cintai para seniman dan santri di Cilegon,” harapnya. (*/Ilung)

Gerindra kuswandi