Warga Keluhkan Gedung Baru Puskesmas Purwakarta Tak Kunjung Digunakan

CILEGON – Meski sudah selesai dikerjakan sejak akhir tahun 2018 lalu, Gedung baru Puskesmas Kecamatan Purwakarta yang berlokasi di Link. Kubang Welingi hingga saat ini belum kunjung difungsikan oleh Dinas Kesehatan Kota Cilegon untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

Padahal bangunan megah 2 lantai tersebut dalam proyek pembangunannya yang dikerjakan oleh pihak ketiga, yakni CV. Cipta Pratama, menggunakan uang rakyat atau Dana Alokasi Khusus (DAK) Tahun 2018 sebesar Rp. 2.361.816.000,-. Miris memang.

Sehingga keberadaannya yang kosong melongpong dipertanyakan oleh masyarakat Purwakarta yang mengaku bingung kenapa Gedung Puskesmas baru tersebut belum kunjung digunakan.

“Puguh saya juga pengen tanya, emang kenapa belum dipakai itu. Kan sayang, bikin bagus-bagus udah jadi malah kosong gitu. Ya lumayan udah lama sih, akhir tahun kemarin kalau gak salah mah,” kata Sobri, warga Kelurahan Purwakarta, kepada wartawan faktabanten.co.id, Rabu (26/6/2019).

“Harapannya, kantor puskesmas itu cepet dioperasikan. Kalau kelamaan bisa jadi ‘suwung’ (angker-red),” imbuhnya.

Ks nu

Diketahui, sejak mulai direhab total pada bulan Mei 2018 lalu, pelayanan Puskesmas Purwakarta sementara dipindahkan di Link. Kenanga, Kelurahan Ramanuju.

Keberadaannya yang jauh di ujung wilayah yang berbatasan Kecamatan Jombang, sejak lebih dari setahun yang lalu. Tak ayal ada saja warga yang mengeluhkannya.

“Kalau di Kenanga kita jauh, kadang bikin macet karena jalannya sempit dan ramai. Kalau emang di Kubang Welingi sudah jadi mah pindah kesana lagi aja,” keluhnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Cilegon, dr Arriatna saat dikonfirmasi melalui pesan WhattsApp-nya soal belum juga dioperasikannya gedung Puskesmas Purwakarta, menyatakan karena hal itu belum selesai dan masih akan dilanjutkan pembangunannya.

“Sedang dilelang penyelesaian tahap II nya. Kalau tahap I mah sudah serah terimalah. Kan tahun lalu. Lantai 2-nya belum selesai di bagian dalamnya, belum pasang keramik, plafon dan masih ada kerjaan detail yang harus diselesaikan,” jelasnya.

“Dari luar memang seperti sudah beres ya,” tandasnya. (*/Ilung)

Cibeber nu