Bonus Demografi 2045 jadi Bahasan Utama Pertemuan Komwil III APEKSI di Depok

Lazisku

 

DEPOK – Indonesia menghadapi tantangan besar dalam upaya memaksimalkan bonus demografi. Berbagai strategi perlu dibangun dalam mencetak generasi muda yang produktif untuk mencapai Indonesia Emas 2045.

Itulah di antara isu utama yang dibahas dalam forum Asosiasi Pemerintahan Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) Komisariat Wilayah (Komwil) III di Kota Depok, Jawa Barat, pada Kamis malam, 16 Mei 2024.

Ks

Ketua APEKSI Komwil III Helldy Agustian yang juga Walikota Cilegon mengatakan, populasi usia 16-30 tahun sebanyak lebih dari 65 juta atau 24 persen dari total penduduk.

Jumlah yang besar itu perlu dikelola agar tercapai bonus demografi menjelang torehan Indonesia Emas pada 2045.

“Pembangunan manusia menjadi prioritas untuk menuju generasi muda unggul dan berbudaya, serta menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi,” kata Helldy, Gala Dinner APEKSI Komwil III Tahun 2024, di Ballroom De Margo Hotel, Kamis malam, 16 Mei 2024.

Dalam kesempatan itu, Helldy mengaku senang dapat menggelar pertemuan bersama 24 pemerintah kota se-Komwil III APEKSI di Kota Depok.

Terlebih, Depok ibarat saudara dengan Kota Cilegon karena dilahirkan pada waktu yang sama, yakni 27 April 1999.

Kpu

“Namun kita memiliki karakteristiknya masing masing, Kota Cilegon dengan industrinya, dan Depok dengan metropolitannya,” ucapnya.

Nantinya, kata Helldy, hasil pertemuan APEKSI Komwil III di Depok akan dibawa ke Rakernas XVII APEKSI di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur pada Juni 2024.

“Tentunya kita berharap isu-isu yang dibahas pada kali ini akan dibahas lebih lanjut pada Rakernas XVII APEKSI di Balikpapan sehingga nantinya akan ada rekomendasi yang kita sampaikan ke pusat,” paparnya.

Sementara itu, Wali Kota Depok Muhammad Idris menyampaikan ucapan selamat datang kepada 24 Wali Kota maupun perwakilannya di Kota Depok.

“Tentunya kami mengucapkan terimakasih atas kedatangannya di Kota Depok, selamat datang di Kota kebanggaan Kami, suatu kehormatan untuk kami menjadi tuan rumah untuk Rakomwil III APEKSI tahun ini” ungkapnya.

Idris juga menyampaikan, kegiatan APEKSI akan dipusatkan di satu tempat saja, yakni di Hotel De Margo supaya para peserta fokus.

“Kita makan di sini, kita tidur di sini, kita acara besok pembukaan juga di sini, tetapi nanti sorenya mungkin kita ke Alun-alun sebentar untuk mengikuti kegiatan Lebaran Depok,” ujarnya.

Idris berharap kunjungan 23 Wali Kota dan satu perwakilan dapat meninggalkan kesan yang baik dari Kota Depok.

“Sekali lagi kami ucapkan selamat datang, semoga kehadiran bapak ibu sekalian mendapatkan kesan yang baik dari Kota Depok, selamat menikmati makanannya, ada pula makanan tradisonal kami semoga berkesan.” paparnya. (*/Red)

 

DPRD Banten LH
WP-Backgrounds Lite by InoPlugs Web Design and Juwelier Schönmann 1010 Wien