50 Relawan Tagana Provinsi Banten Diberangkatkan Untuk Membantu Korban Bencana Gempa Cianjur

 

SERANG – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten mengirimkan 50 orang relawan Taruna Siaga Bencana (Tagana) Provinsi Banten berbarengan dengan pengiriman bantuan logistik untuk didistribusikan kepada para korban terdampak gempa magnitudo 5,6 di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Sekretaris Dinas Sosial Banten, Budi Darma mengatakan, sebanyak 50 relawan dari Tagana yang dikirimkan memiliki keahlian masing-masing. 10 orang ahli dapur umum lapangan, 10 ahli manajemen logistik, dan sisanya ahli evakuasi.

“Yang diberangkatkan itu sekitar 50 relawan Tagana Provinsi Banten. Dari 50 orang itu terbagi skilnya, itu yang penting jadi ada skil dapur umum lapangan ada sekitar 10 orang, 10 orang juga ahli manajemen logistik, selebihnya ahli evakuasi,” ungkap Budi Darma, Selasa (22/11/2022).

“Dari ahli evakuasi yang kita berangkatkaj itu ada relawan yang memiliki spesifikasi ahli panjat tebing untuk mengevakuasi korban yang sulit dijangkau,” sambungnya.

Budi menjelaskan, para relawan Tagana yang dikirimkan akan ke daerah yang terdampak akibat bencana gempa di Kabupaten Cianjur selama 7 hari kedepan.

Sankyu ks

“Para relawan akan berada di sana selama 7 hari, dan untuk pertama mereka akan ke Pendopo Kabupaten Cianjur terlebih dahulu,” jelasnya.

Sebelumnya, Penjabat Gubernur Banten Al Muktabar menyampaikan bantuan pengiriman logistik dan tim relawan tersebut sebagai bentuk kebersamaan untuk meringankan beban para korban yang terdampak akibat bencana gempa.

“Kita saling bahu membahu karena kita saudara, kita Indonesia,” ujar Al Muktabar.

Al Muktabar menyebutkan, bantuan berupa logistik yang dikirimkan berupa sandang dan pangan senilai Rp 200 juta.

Adapun bantuan logistik yang dikirimkan meliput Beras, Minyak Goreng, Sarden, Susu Kental Manis, Saos, Kecap Manis, Teh Celup, Selimut Dewasa, Mukena, Sejadah, Sarung Laki-laki, Sarung Perempuan, Daster, Baju Anak Laki-laki, Baju Anak Perempuan, Sendal Jepit, Baju Laki-laki Dewasa, Selimut Bayi dan lainnya.

Sebagai informasi, Kepala Dinas Sosial Provinsi Banten Nurhana pada kesempatan itu memimpin langsung 50 relawan Tagana Provinsi Banten dan bantuan logistik menuju Kabupaten Cianjur. (*/Adv)