Anak Usaha Chandra Asri dan Krakatau Steel Berencana Membangun Bendungan Cidanau

Hut bhayangkara

SERANG – Anak usaha PT Krakatau Steel (Persero) Tbk bersama PT Chandra Asri Petrochemical Tbk, yakni PT Krakatau Tirta Industri (KTI), berencana membangun bendungan Cidanau di Kabupaten Serang.

Proyek itu skemanya dalam bentuk kerjasama Pemerintah dengan swasta.

Direktur Legal, External Affairs & Circular Economy PT Chandra Asri, Edi Rivai mengatakan, proyek tersebut akan dibangun perseroan melalui kerjasama pemerintah dan badan usaha (KPBU).

Rencana tersebut saat ini sudah memasuki tahap studi atau kajian.

“Proyek ini bertujuan untuk memastikan keberlanjutan suplai air guna mendukung sektor industri dan memenuhi kebutuhan masyarakat,” ujar Edi, dikutip dari Investor Daily, Rabu (9/8/2023).

Loading...

Edi tidak menyebutkan nilai investasi Chandra Asri di proyek sumber daya air tersebut.

Sementara itu, Plt Direktur Jenderal Sumber Daya Air Kementerian PUPR, Jarot Widyoko, membenarkan bahwa salah satu portofolio SDA yang akan dikerjasamakan pemerintah dengan swasta adalah pembangunan bendungan Cidanau.

“Bendungan Cidanau itu akan dibangun PT Krakatau Steel (Persero) Tbk dengan menggandeng Chandra Asri. Saat ini baru penjajakan,” ucap Jarot.

Selain bendungan Cidanau, jarot mengatakan, beberapa proyek SDA lain yang sudah dibangun pemerintah melalui kolaborasi dengan swasta, seperti bendungan Merangin, pembangunan irigasi, dan pembangunan interkoneksi high level diversion di sungai Lombok.

“Bahkan, Pak Menteri Basuki sudah menyarankan untuk membangun irigasi di Aceh,” imbuhnya.

Diketahui, PT Chandra Asri saat ini merupakan pemegang 49% saham PT Krakatau Tirta Industri (KTI) setelah dilakukannya divestasi pada Januari 2023 lalu oleh PT Krakatau Steel. (*/Rijal)

Ks rc
WP-Backgrounds Lite by InoPlugs Web Design and Juwelier Schönmann 1010 Wien