Mengusung Tema “The Legacy of Baduy”, Seba Baduy 2024 Dipadati Ribuan Pengunjung

Lazisku

 

LEBAK – Dengan mengusung keunikan Kabupaten Lebak dan dalam upaya memperkenalkan wisata budaya Saba Budaya Baduy, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebak melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Lebak menyelenggarakan event Seba Baduy 2024 dengan mengusung tema “The Legacy of Baduy”.

Karisma Event Nusantara (KEN) adalah kumpulan event-event berkualitas dari 38 provinsi di Indonesia yang akan menjadi strategi kolaborasi antara Kemenparekraf dengan Pemerintah Daerah melalui penyelenggaraan kegiatan yang berkualitas.

Ks

KEN 2024 adalah upaya Kemenparekraf dalam membangkitkan geliat event daerah dengan mempromosikan destinasi wisata, meningkatkan kunjungan wisata, dan memberdayakan potensi lokal.

Perlu diingat, pemerintah Kabupaten Lebak tahun ini memiliki 3 Event besar, di antaranya yakni, Seba Baduy, Festival Seni Multatuli dan Seren Taun Cisungsang dan menjadi satu-satunya daerah di Provinsi Banten yang masuk dalam program unggulan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Ketiga event besar tersebut hadir bertujuan untuk mempromosikan pariwisata khususnya budaya dan kesenian Kabupaten Lebak guna meningkatkan kunjungan wisatawan.

Sejak Oktober 2023 lalu, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Lebak telah mengajukan event ini untuk dapat dinilai atau dikurasi oleh Kemenparekraf.

Kemudian, Pemerintah Kabupaten Lebak melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Lebak akan terus mempersiapkan secara matang ketiga event besar yang telah terpilih ini dengan berkolaborasi juga bersama penyelenggaran Event Seren Taun Cisungsang.

Kpu

Perlu diketahui, Seba Baduy adalah salah satu upacara adat warga Baduy yang dikemas menjadi event berskala nasional yang diantara beberapa upacara adat Baduy lainnya, yang dilaksanakan untuk kegiatan ritual tahunan, yang dimaksudkan untuk menyerahkan hasil bumi dan menjalin silaturahmi kepada Pemerintah Kabupaten Lebak dan Provinsi Banten.

Seba Baduy dilaksanakan setelah kegiatan Kawalu dan Seren Taun (Ngalaksa). Rombongan suku Baduy luar dan Baduy dalam berjalan kaki menuju tempat tujuan Seba (Ibukota Kabupaten dan Provinsi) sambil membawa hasil bumi untuk diserahkan kepada Kepala Daerah Kabupaten Lebak dan Provinsi Banten.

Event ini akan didukung juga oleh beberapa acara pendukung di antaranya yakni, Fashion Designer Competiton, Camping Ground di Baduy aja, Talkshow Budaya, Pagelaran Musik, Pameran Ekonomi Kreatif dan masih banyak lagi kegiatan pendukung lainnya.

Event ini digelar selama 4 (empat) hari dimulai 16-19 Mei 2024, berlokasi di Pendopo Bupati Lebak dan Alun-alun Rangkasbitung.

Dalam event Seba Baduy kali ini terdapat program baru yang lebih menarik yaitu, lomba para desainer nasional dengan unjuk kreatifitas dengan bernuansa Baduy yang dimana pemakaian bahan utama adalah Tenun Baduy dan Batik Baduy.

Tidak kalah seru, pengunjung juga akan diajak untuk menikmati alam Suku Baduy pada kegiatan pendukung yaitu, Camping Ground dengan berkemah dan melakukan tracking bersama masyarakat baduy luar.

Beberapa langkah promosi juga sudah dilaksanakan oleh Disbudpar Lebak, seperti Media Online, Media Offline, dan berkolaborasi dengan para selebgram serta akun official dari beberapa pemerintah pusat terkait untuk mendatangkan wisatawan atau pengunjung ke event nasional ini.

Event ini menargetkan sekitar 40.000-50.000 pengunjung, namun tetap ada pembatasan kerumunan dengan berkoordinasi dengan Instansi lainnya. (ADV)

DPRD Banten LH
WP-Backgrounds Lite by InoPlugs Web Design and Juwelier Schönmann 1010 Wien