Kemenkumham Sebut Wawan Adik Atut Sakit, Namun Sudah Kembali ke Lapas

JAKARTA – Sekretaris Direktorat Jenderal Lembaga Pemasyarakatan Kemenkumham Liberti Sitinjak menepis kabar bahwa dua narapidana Lapas Sukamiskin Tubagus Chaeri Wardana alias Wawan (adik mantan Gubernur Banten, Ratu Atut) dan Fuad Amin keluar sel untuk jalan-jalan dengan alibi sakit.

“Berdasarkan hasil pendalaman kami, bahwa Wawan sudah kembali ke Lapas dari rumah sakit. Pak Fuad Amin masih status rawat inap di rumah sakit,” ungkapnya, dalam konferensi persnya, di kantor Kemenkumham, Jakarta, Sabtu (21/7/2018) malam.

Sebelumnya, KPK tidak menemukan Fuad Amin dan Wawan di sel tahanannya saat berkunjung di Lapas Sukamiskin, Bandung, Jumat (20/7/2018).

Kartini dprd serang

KPK juga tidak menemukan keduanya di rumah sakit setelah KPK mengetahui bahwa keduanya sedang izin meninggalkan Lapas Sukamiskin lantaran sakit.

“Pak Saut [Wakil Ketua KPK Saut Situmorang] mengatakan bahwa katanya sakit, dicek ke rumah sakitnya enggak ada. Di kamarnya dia enggak ada. Jadi di mana dia? Kami enggak tahu,” kata Wakil Ketua KPK Laode Muhammad Syarif kepada dalam jumpa pers di Gedung KPK, Jakarta Selatan, Sabtu (21/7/2018).

Ditjen Lapas Sri Puguh Utami, menyebut akan menyisir lebih jauh tentang kondisi Lapas dan Napi lainnya.

“Untuk [napi] yang lain, kami menunggu untuk memberi data ke Inspektorat Jenderal,” tutupnya. (*/CNNIndonesia)

Polda