Taklukkan Ajax 2-0, MU Juara Liga Europa 2016/2017 dan Lolos ke Liga Champions

STOCKHOLM – Manchester United sukses menjuarai Liga Europa 2016-2017. Hal tersebut usai si Setan Merah ini menaklukkan Ajax Amsterdam 2-0 pada laga final, Rabu 24 Mei 2017 (Kamis dini hari WIB) di Friends Arena, Stockholm, Swedia.

Pada laga yang berjalan dalam tempo agak lambat, MU mampu mengalahkan tim asal Belanda ini melalui gol-gol yang dicetak Paul Pogba dan Henrikh Mkhitaryan. Dengan hasil tersebut MU menjadi juara Liga Europa sekaligus meraih tiket Liga Champions musim depan.

Di awal babak pertama, kedua tim nampak saling mencoba mengukur kekuatan lawan. Tak ada serangan frontal karena semua pemain baru mencoba ‘merasakan’ pertandingan.

MU yang mengambil inisiatif menyerang lebih dulu berhasil membuat Ajax tertekan dengan pressing di tengah. Saat memiliki kesempatan, MU pun melakukan serangan dengan cepat langsung ke area berbahaya Ajax. Dan akhirnya mampu mencetak gol lewat Paul Pogba pada menit ke-18. Pogba melepas tembakan dari luar kotak penalti yang berbelok arah setelah menyentuh kaki Sanchez dan membuat Onana mati langkah. United pun unggul 1-0.

Setelah keunggulan satu gol MU tampak lebih bermain tenang, sebaliknya Ajax yang coba membalas tampak kurang terpola dan tergesa-gesa sehingga tak mampu menembus pertahanan berlapis MU yang digalang dari lini tengah.

Untuk memepertahankan keunggulan MU cenderung bertahan dan sesekali melakukan serangan balik yang beberapa kali sempat mengancam pertahanan Ajax, namun sampai babak pertama usai, skor 1-0 untuk keunggulan MU tetap bertahan.

Ks nu

Usai jeda, MU langsung menggandakan keunggulan lewat gol kedua lewat Henrikh Mkhitaryan pada menit ke-48. Lewat tendangan sudut, Chris Smalling mengarahkan bola ke arah Mkhitaryan. Pemain asal Armenia itu lalu mengarahkan bola dengan akrobatik melewati penjagaan lawan. MU pun unggul 2-0.

Gol ke dua MU itu tampak membuat Ajax makin tertekan, serangan yang dilakukan Ajak pun monoton kurang memiliki pola dan variasi, seperti kehilangan ide untuk bisa membongkar pertahanan MU. Walau lebih menguasai bola, tapi hanya sampai ke lini tengah. Saat memasuki area pertahanan United, penjagaan amat ketat, baik man to man marking maupun zonal marking membuat serangan Ajak selalu kandas.

Berbagai perubahan dilakukan kedua pelatih, namun sampai laga berakhir skor 2-0 tetap bertahan. Manchester United pun dinobatkan sebagai juara Liga Europa 2016/2017. Dan dengan hasil ini tentu saja MU juga meraih tiket kompetisi Eropa kasta pertama yakni Liga Champions musim depan.

Selamat MU!

Susunan Pemain;

Ajax Amsterdam: Onana, Veltman, Sanchez, De Ligt, Riedewald (De Jong, 82′), Klaassen, Schone (Van de Beek, 70′), Ziyech, Traore, Dolberg (Nerez, 62′), Younes.

Manchester United : Romero, Valencia, Smalling, Blind, Darmian, Fellaini, Herrera, Pogba, Mata (Rooney, 90′), Rashford (Martial, 84′), Mkhitaryan (Lingard, 74′). (*)

Cibeber nu