Jelang Lebaran, Puskesmas Menes Optimalkan Pelayanan Kesehatan

 

PANDEGLANG – Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Menes, tepat di Desa Purwaraja Kecamatan Menes Kabupaten Pandeglang, akan terus melaksanakan pelayan kesehatan bagi masyarakat.

Kepala Puskesmas Menes Nining Yuningsih, S.Tr.Keb.Bdn menyampaikan, sebagai pelayan masyarakat harus mengutamakan pelayanan publik, karena bagaimana juga tenaga kesehatan sudah menjadi tugas serta fungsinya.

“Dimana tempat kita bekerja disitulah kita diberi amanah untuk menjalankan tugas pekerjaan dengan sebaik mungkin, dan harus bisa mengutamakan pelayanan terhadap masyarakat yang membutuhkan pelayanan kesehatan,” ujarnya, Selasa, (2/4/2024).

Lanjut Kapus Menes menjelaskan, bahwa sebagai tenaga kesehatan harus bisa menciptakan suasana kerja yang nyaman dalam melayani pasien yang ingin berobat atau juga mau melakukan pengecekan kesehatan.

“Artinya sebagai pelayanan terhadap masyarakat, kita sebagai tenaga kesehatan harus memiliki rasa tanggungjawab, jika ada warga yang dari rumah ketika sakit sampai Puskesmas secara psikologi harus sembuh,” terangnya.

Selain itu, harus dibangun suasana moralitas di lingkungan tempat bekerja, sebagai seorang abdi harus betul-betul diniatkan bahwa tugas sebagai pelayan, lakukan pelayanan dengan ikhlas.

Kartini dprd serang

“Jika ada masyarakat tidak mampu bisa mendapatkan pelayanan kesehatan dengan menggunakan BPJS. Namun, jika penyakitnya tidak bisa ditangani di Puskesmas, maka pasien tidak mampu tersebut bisa dirujuk ke rumah sakit itu juga harus didampingi oleh tim kesehatan yang pertama menangani,” pungkasnya.

Tidak hanya itu, yang nama Puskesmas pasti ada keterbatasan juga seperti Alat Kesehatan (Alkes), namun puskesmas juga berkomitmen untuk mengoptimalkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Dengan melalui penyediaan sarana kesehatan dan jaminan kesehatan.

“Diharapkan dalam melayani kesehatan masyarakat dengan lebih mendekatkan pelayanan bagi masyarakat di wilayahnya. Bahkan upaya untuk meningkatkan pelayanan kesehatan terus kami lakukan sehingga ke depan Puskesmas Menes bisa memberikan kualitas pelayanan kesehatan terbaik untuk warga,” tuturnya.

Menurutnya, fasilitas pendukung untuk Puskesmas Menes diantaranya ruang IGD, Ranap Inap, Kendaraan Operasional Ambulance, Oksigen serta Tenaga Kesehatan (Nakes) serta alat kesehatan lainnya.

“Pada puasa ramadan menjelang hari raya Idul Fitri 2024, puskesmas menes pastikan pelayanan kesehatan dalam melayani masyarakat yang membutuhkan tindakan medis,” ungkapnya

Disiapkannya tenaga kesehatan pada 24 jam selama bulan ramadan Idul Fitri di Puskesmas Menes dalam melayani masyarakat yang membutuhkan pertolongan medis.

“Nakes di puskesmas Menes bukan hanya pada bulan ramadan menjelang Idul Fitri saja, namun pada hari-hari biasa juga tetap ada dalam melakukan pelayanan terhadap masyarakat, karena tugas dan fungsi masing-masing tenaga medis di puskesmas, pada umumnya ditetapkan sesuai dengan pendidikan dan keterampilan serta sarana pendukung kerja,” tuturnya. (*/Riel)

Polda