2 Partai Baru Selesai Diverifikasi KPU Banten, Berkarya dan Garuda Tunggu Giliran

Dprd ied

SERANG – Tahapan verifikasi faktual untuk kepengurusan partai baru calon peserta Pemilu 2019 oleh KPU Banten, hingga akhir Desember 2017 ini baru menyelesaikan 2 partai, yakni Partai Perindo dan PSI.

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Banten, mengultimatum agar pelaksanaan verifikasi faktual oleh KPU harus benar-benar dilakukan, karena merupakan salah satu tahapan penting untuk menegaskan keabsahan partai baru untuk bisa mengikuti Pemilu 2019 yang akan datang.

“Verifikasi faktual ini merupakan langkah penyelenggara untuk melihat kepengurusan dan kesekretariatan partai,” ujar Ketua Bawaslu Banten, Didi M Sudih, Kamis (28/12/2017).

dprd tangsel

Sementara itu dijelaskan Komisioner KPU Banten, Syaiful Bahri, tahapan verifikasi faktual terakhir akan dilakukan terhadap Partai Berkarya dan Partai Garuda yang diagendakan pada Sabtu (30/12/2017).

“Partai Berkarya akan dilakukan verifikasi faktual tanggal 30 Desember 2017 besok,” ujar Syaiful, Kamis (28/12/2017).

Sejauh ini, verifikasi faktual oleh KPU Banten berjalan lancar termasuk keterwakilan perempuan dalam struktural partai juga bisa dipenuhi oleh 2 partai yang lebih dulu telah dilakukan verifikasi. (*/Yosep)

Golkat ied