Sosialisasi 4 Pilar di Petir Serang, Kartika Yudhisti Ingatkan Pentingnya Toleransi

Gerindra Nizar

SERANG – Empat Pilar Kebangsaan merupakan konsep yang sejalan dengan keyakinan agama dan khususnya umat Islam. Selain karena mayoritas, kaum Muslimin juga telah terbukti kontribusinya terhadap bangsa Indonesia.

Hal ini ditegaskan Anggota Komisi IX DPR RI Dapil II Banten, Kartika Yudhisti, saat menggelar Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan (Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika), Sabtu (2/2/2019).

Acara yang digelar di Yayasan Mafatihunnajah Kampung Pakem, Desa Petir, Kecamatan Petir, Kabupaten Serang ini, diikuti sekitar 150 peserta yang terdiri dari tokoh agama, tokoh masyarakat dan unsur pemuda.

Fraksi serang

Dikatakan Kartika, sejak awal, umat Islam Indonesia bahu membahu memperjuangkan kemerdekaan bangsa, terlibat aktif menyusun dasar negara, serta terus bersinergi mengisi kemerdekaan dan pembangunan negeri.

Kartika berharap pemahaman masyarakat atas 4 Pilar Kebangsaan ini terus diperdalam beriring dengan peningkatan pemahaman agama, khususnya di kalangan generasi muda.

Kartika menjelaskan, implementasi empat pilar harus terus digelorakan terhadap semua kalangan. Mulai dari tokoh masyarakat hingga generasi muda.

Fraksi

“Karena apa, empat pilar menjadi cara strategis dalam character building kepada mereka. Ketika nilai Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika mampu mereka terapkan di kehidupan sehari-hari, saya yakin efeknya akan luar biasa,” ungkap Kartika.

Dia juga memaparkan, meski sebagai mayoritas, masyarakat muslim Indonesia harus menjunjung tinggi toleransi, sesuai dengan pilar-pilar Kebangsaan.

“Lebih toleran, mau berbagi, gotong-royong dan yang terpenting menghargai perbedaan. Kita perkuat Kebhinekaan,” sambung Politikus PPP ini.

Adapun dalam arahannya kepada warga dan konstituennya, Kartika mengajak agar tak sekadar memahami 4 Pilar Kebangsaan ini. Lebih dari itu, masyarakat diminta untuk mengimplementasikannya dalam berinteraksi di lingkungan tempat tinggal serta masyarakat luas.

“Insya Allah bila masyarakat konsisten mau memahami dan mengimplementasikan pilar kebangsaan ini, kita semua bisa lebih berkontribusi positif untuk kemajuan bangsa,” tutupnya. (*/Red)

[socialpoll id=”2521136″]

Gerindra kuswandi