Tangerang Kota dengan Akses Internet Tercepat di Indonesia Versi Speedtest

TANGERANG – Tak selamanya status ibu kota negara memiliki segudang fasilitas dan kenyamanan yang mewah terutama dalam urusan koneksi internet.

Ini terbukti dari hasil riset perusahaan aplikasi milik Ookla, Speedtest yang menobatkan Kota Tangerang menyandang sebagai kota dengan koneksi internet tercepat.

Fakta ini mengalahkan Jakarta berstatus sebagai ibukota negara, namun hal itu tidak menjamin kota ini menyandang kota dengan kecepatan internet tercepat di Indonesia.

Baru-baru ini, Speedtest menobatkan kembali Kota Tangerang sebagai kota dengan koneksi internet tercepat di Indonesia. Jakarta sendiri harus puas menempati posisi “runner up” alias peringkat dua.

Sebelumnya, Kota Tangerang juga menyandang kota dengan akses tercepat di Indonesia di Kuartal Pertama 2021. Hal itu diungkap oleh laporan bertajuk “Speedtest Global Index” terbarunya.

Kota Tangerang memiliki kecepatan unduh (download) rata-rata 24,69 Mbps, kecepatan unggah (upload) 14,85 Mbps, dan latensi 28 ms.

Barulah di urutan kedua dihuni oleh Jakarta yang memiliki kecepatan unduh rata-rata 23,94 Mbps, kecepatan unggahan 13,23 Mbps, dan latensi 30 ms.

Membuntuti Jakarta, di peringkat 3 ada Bekasi yang mencatat kecepatan unduh rata-rata 23,48 Mbps, kecepatan unggah 14,09 Mbps, dan latensi 24 ms.

Kemudian urutan 4 dan 5 ditempati oleh Kota Depok dan Makassar dengan masing-masing kecepatan unduh rata-rata 23,07 dan 22,37 Mbps, kecepatan unggahan 14,19 dan 11,58 Mbps, serta latensi 26 dan 49 ms.

Laporan Global Index Speedtest yang dimuat Senin (19/7/2021), terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi kecepatan internet sepanjang kuartal II 2021 di beberapa negara termasuk Indonesia.

Laporan ini juga mengungkap urutan kota dengan kecepatan internet tertinggi di masing-masing negara. Speedtest menyebut, kecepatan internet mobile di Indonesia berada di urutan ke-104 di dunia.

Peringkat tersebut naik delapan tingkat dari periode sebelumnya. Sementara catatan rata-rata kecepatan downloadnya mencapai 22,14 Mbps, kecepatan upload 12,61 Mbps, dan latensi 36 ms.

Sementara untuk kategori fixed broadband atau internet kabel, Indonesia berada di urutan ke-116 dengan kecepatan unduhan mencapai 26,17 Mbps, kecepatan unggah 15,27 Mbps, dan latensi 19 ms. (*/Tribunnews)

Demokrat
Royal Juli