Vaksinasi Siswa SD Dimulai, Walikota Tangerang: Orang Tua Siapkan Anak-anak

TANGERANG -Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah mengimbau kepada pihak sekolah untuk melakukan koordinasi dengan para orang tua terkait pelaksanaan vaksinasi bagi siswa SD mulai tanggal 18 Oktober 2021.

“Sekolah bisa berkoordinasi dengan para orang tua untuk mempersiapkan kondisi anak-anaknya sebelum menerima vaksin. Agar anak-anak tidak khawatir atau takut disuntik dan memastikan kondisi anak fit saat divaksin,” kata Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah di Tangerang, Minggu, (17/10/2021).

Lebih lanjut Wali Kota Arief menjabarkan Pemkot Tangerang terus mengantisipasi terjadinya temuan kasus positif dalam pelaksanaan PTM terbatas melalui pengetatan penerapan protokol kesehatan di kelas dan memaksimalkan vaksinasi pelajar.

“Untuk itu diperlukan dukungan dan partisipasi semua agar upaya ini dapat berjalan dengan optimal,” ujarnya.

Sejauh ini, capaian vaksinasi Kota Tangerang berdasarkan data vaksinasi COVID-19 Dinas Kesehatan Kota Tangerang telah mencapai hingga 1.282.038 dosis untuk vaksinasi dosis 1 dan 860.392 untuk vaksin dosis 2.

Sebelumnya Dinas Kesehatan Kota Tangerang Banten menyebutkan sebanyak 5.305 siswa SD yang berusia 12 Tahun akan mengikuti vaksinasi mulai tanggal 18 – 27 Oktober 2021.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang dr Dini Anggraeni menuturkan kegiatan vaksinasi ini sebagai upaya menekan penyebaran dan pelaksanaan pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas.

Jenis vaksin yang digunakan adalah Pfizer. Pelaksanaan akan digelar ditingkat Kecamatan di lokasi yang sudah ditentukan Dindik. Bahkan, peserta sudah lebih dulu menerima barcode undangan yang sudah dikirim Dinkes melalui sekolah,” katanya.

Ia pun menjelaskan, persyaratan peserta vaksin diantaranya sudah berulang tahun ke 12 pada tanggal 30 September 2021, maksimal pada tanggal pelaksanaan. Lalu Anak atau siswa dalam kondisi sehat dan terpantau. Membawa kartu identitas atau kartu keluarga dan membawa barcode undangan.

“Diperlukan dukungan dan partisipasi dari semua pihak. Agar vaksinasi di tingkat pelajar dapat berjalan dengan optimal,” kata dr Dini.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kota Tengerang, Jamaluddin menuturkan seluruh sekolah telah melakukan pendekatan ke seluruh orang tua siswa.

Adapun lokasi pelaksanaan vaksinasi pelajar SD yakni Senin (18/10) di Kecamatan Karawaci dengan lokasi SDN Karawaci 5, Jl. Cibodas Raya dan Kecamatan Batu Ceper di SDN Darussalam, Jl. Pembangunan 1 RT02/04 Kelurahan Batu Sari, Kecamatan Batuceper

Hari Selasa lusa 19 Oktober 2021 di Kecamatan Neglasari dengan lokasi SDN Kedaung Wetan 5 Jl. Iskandar Muda dan Kecamatan Pinang berlokasi di SDN Panunggangan 5 atau SDN Pinang 3

Hari Kamis, 21 Oktober 2021 di Kecamatan Benda dengan lokasi Komplek SDN Jurumudi 1, 3 ,dan 4. Kecamatan Tangerang dengan lokasi SDN Tangerang 6 Jl. Nyi Mas Melati No. 2, Kelurahan Sukasari. Hari Jumat (22/10) di Kecamatan Periuk lokasi SDN Komplek Periuk 1, 2, 3, 4, dan 6. Jl. Moh. Toha Km.4,5. Kecamatan Jatiuwung di SDN Keroncong Mas Permai dan Kecamatan Cipondoh di Gedung PGRI di belakang GOR Cipondoh.

Hari Senin (25/10) di Kecamatan Karang Tengah dengan lokasi Komplek SDN Karang Tengah 14 dan Kecamatan Cibodas lokasi SDN Perumnas 1.

Selasa (26/10) di Kecamatan Larangan dengan lokasi Jl. Inpres 6 RT 03/RW 07, Larangan Utara. Hari Rabu (27/10) di Kecamatan Ciledug dengan lokasi Kompleks SDN Paninggilan 1, 2, dan 6. (*/Tempo)