Waspada! Hacker Sebarkan Virus Lewat File Subtitle Film

Gerindra Nizar

FAKTA BANTEN – Anda gemar mengunduh film dan teks subtitle online? Berhati-hatilah, karena para peretas kini menyembunyikan program jahat atau virus komputer di dalam file-file subtitle yang tersedia berlimpah di internet.

Perusahaan keamanan siber, Check Point, mengungkapkan bahwa file-file berisi subtitle film atau serial televisi bisa dimanipulasi oleh peretas untuk mencuri kendali komputer atau ponsel pintar, memanfaatkan celah keamanan pada aplikasi pemutar video seperti VLC, Popcorn-Time, dan Kodi.

“Rantai pasokan subtitle sangat rumit, ada lebih dari 25 format file subtitle yang saat ini digunakan, semuanya punya fitur-fitur dan kapabilitas yang unik,” kata Omri Herscovici, peneliti pada Check Point.

Fraksi serang
Fraksi

“Ekosistem-ekosistem ini, dengan tingkat keamanan yang terbatas, memiliki banyak celah yang bisa dimanfaatkan oleh peretas,” imbuh dia.

Menurut Herscovici, Check Point menemukan file-file subtitle yang disusupi virus dan yang bisa disebarkan ke jutaan perangkat komputer secara otomatis. File-file ini bisa mengelabui program keamanan komputer, sehingga peretas bisa mencuri data-data di dalam komputer dengan leluasa.
Check Point memperkirakan sekitar 200 juta pemutar video online yang menggunakan program atau peranti cacat ini. Virus ini bekerja ketika aplikasi pemutar video mengunduh dan menampilkan subtitle.

“Ini berarti pengguna dan software anti-virus gagal mengidentifikasi bahaya dalam file-file itu, sehingga jutaan pengguna terpapar bahaya,” jelas Check Point.

Adapun celah keamanan itu sudah dikabarkan Check Point kepada perusahaan-perusahaan penyedia aplikasi pemutar video online, agar mereka membuat program untuk menutup celah-celah tersebut. (*)
Sumber: Suara.com

Gerindra kuswandi