Di Akhir Pekan April Ini Ada Semarak Wisata Budaya di Lebak, Serang dan Cilegon

Gerindra Nizar

CILEGON – Akhir pekan ini bakal menjadi hari padat agenda wisata di sejumlah daerah di Provinsi Banten, seperti Seba Baduy yang akan berlangsung mulai Jumat besok hingga Minggu (28-30 April 2017), serta sejumlah agenda budaya dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Cilegon ke-18.

Seba Baduy seperti biasa dimana Suku Baduy Luar dan Dalam akan berkunjung ke Ibu Gede, sebutan untuk Bupati Lebak yang dijabat oleh Iti Oktavia Jayabaya. Kunjungan ini berlangsung mulai besok Jumat (28/4/2017).

Setelah mengunjungi Bupati Lebak, Sabtu (29/4/2017), ribuan warga adat Suku Baduy ini akan melanjutkan perjalanan mereka ke Kota Serang hingga Minggu (30/4/2017) untuk mengunjungi Abah Gede, sebutan bagi Gubernur Banten yang kini dijabat oleh Nata Irawan sebagai pejabat sementara.

Fraksi serang

Suku Baduy Dalam akan berjalan kaki dengan pakaian serba putih. Sedangkan Baduy Luar dengan pakaian serba hitam sembari membawa hasil alam untuk diberikan kepada Ibu Gede dan Bapak Gede, mereka berangkat menggunakan kendaraan roda empat dari perkampungan Baduy di Desa Kanekes, Leuwidamar, Kabupaten Lebak hingga berakhir nanti di Kota Serang.

“Masuknya Seba Gede (besar). Perjalanan dari Kanekes ke Pendopo Lebak, terus berangkat dari Lebak menuju pendopo Gubernur Banten untuk bertemu Abah Gede,” ucap Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Banten Eneng Nurcahyati, beberapa waktu lalu.

Sebelum ke Pendopo Gubernur, imbuh dia, Suku Baduy akan transit atau beristirahat dulu di GOR Stadion Maulana Yusuf.

“Jadi siapa saja boleh mengambil gambar, tapi jangan ada di depan barisan Baduy, karena memang aturan dari Baduy nya seperti itu,” ujar Eneng.

Fraksi
Kadisbudpar Cilegon menunjukkan kreasi seni pakaian yang akan ditampilkan dalam Cilegon Ethnic Carnival, Sabtu 29 April 2017 / Dok

Selanjutnya di Kota Cilegon mulai Sabtu besok (29/4/2017) akan digelar parade budaya berupa pameran pakaian adat Nusantara di Jalan Protokol Cilegon yang dimulai Pukul 13.00 WIB. Dilanjutkan pada hari yang sama 29 April 2017 sejak pukul 12.30-21.00 WIB akan digelar napak tilas ke Gunung Krakatau yang pernah mengguncang dunia dengan letusannya di tahun 1888. Napak tilas ke Gunung Krakatau diprediksi akan diikuti 1.500 orang dari berbagai daerah di Indonesia, menggunakan salah satu kapal dari PT ASDP Ferry Indonesia.

“Rutenya dari Pelabuhan Merak, ke Pulau Krakatau masuk ke dalam, terus mutar di luarnya Krakatau,” tutur Eneng.

Setelah itu, rombongan menuju Mercusuar Titik Nol.

“Lampu mercusuarnya kan itu bagus terus melipir ke pinggirannya, berlayar sepanjang bibir pantai, itu lihat lampu-lampu industrinya bagus itu,” kata Fredy Indradi selaku Ketua Pengurus Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kota Cilegon.

Ia menjelaskan, PHRI berupaya membantu program pemerintahan Presiden Joko Widodo yang menargetkan kedatangan wisatawan mancanegara (wisman) sebanyak 20 juta orang ke Indonesia.

“Kita harapkan nanti para pengunjung foto selfie, terus masang di medsosnya, bisa jadi viral,” ucap dia.

Agenda wisata Banten dan budaya lainnya dalam rangka HUT Kota Cilegon, yakni Festival Golok Day dan Silaturahmi Pendekar Nusantara, pada 29-30 April 2017. Agenda ini rencananya dihadiri Prabowo Subianto sebagai Ketua Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI). (*)

Gerindra kuswandi