6 Siswa MAN 2 Cilegon Siap Bersaing di KSM Tingkat Provinsi Banten 2023

Dprd ied

 

CILEGON – 6 siswa MAN 2 Cilegon Boarding School berhasil lolos Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Jenjang SMA/MA tingkat Kota Cilegon dan akan lanjut berlomba di KSM tingkat Provinsi Banten Tahun 2023 ini, yang digelar oleh Kementerian Agama Provinsi Banten.

Para siswa tersebut mampu bersaing di 3 bidang kompetisi atau mata pelajaran mengalahkan sekitar 129 siswa SMA sederajat lainnya.

Berikut daftar nama keenam siswa MAN 2 Cilegon yang berhasil meraih prestasi beserta mata pelajarannya :

1. M. Irfan Hidayatullah, Juara 1 Mata Pelajaran Geografi Terintegrasi

2. M. Farel Fahrezi, Juara 1 Fisika Terintegrasi

3. Rifa Rahma Safitri, Juara 2 Biologi Terintegrasi

4. Tania Rihhadatul Aisy, Juara 3 Geografi Terintegrasi

5. Hafizhatul Nayla Afifah, Juara 3 Biologi Terintegrasi

6. Ananda Suci Hati, Juara 5 Fisika Terintegrasi

Kepala Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kota Cilegon, Sumarno mengatakan, pihaknya akan terus memberikan dukungan kepada siswa yang berprestasi hingga mengharumkan nama sekolah sampai di tingkat Nasional.

dprd tangsel

“Kami menyampaikan rasa syukur dan apresiasi. Dan pihak Madrasah tentunya akan terus memberikan support kepada para siswa yang berprestasi,” kata Sumarno pada Senin (17/7/2023).

Ia juga berharap, enam siswa itu mampu bersaing pada KSM Tingkat Nasional, dan memberikan hasil terbaik untuk madrasahnya.

“Kita berharap para siswa yang sudah lolos ini mampu bersaing dengan para juara dari madrasah lain. Apalagi di provinsi nanti kita akan berhadapan dengan MAN Insan Cendikia, maka harus terus didorong anak-anak kita ini agar bisa menorehkan hasil yang maksimal dan terbaik bagi dirinya, dan bagi madrasahnya,” pungkasnya.

Dan untuk mengapresiasi apabila para siswa-siswinya mendapatkan tiket menuju KSM tingkat Nasional, Sumarno akan memberikan hadiah berupa tablet android.

“Sebagai bentuk support dan motivasi kepada siswa yang berhasil lanjut ke KSM tingkat nasional akan di berikan hadiah dari madrasah,” tandasnya.

“Kalau 6 siswa masuk nasional semua yang kita siap kan 6 tablet. Karena kompetisi yang memiliki prestise besar adalah tingkat nasional,” ucap Sumarno menambahkan.

Sementara itu, Koordinator Pembimbing KSM MAN 2 Cilegon, M. Ihsanuddin juga mengucapkan rasa bangganya terhadap anak didiknya yang telah menorehkan prestasi di KSM tingkat Kota Cilegon.

“Kami sebagai pembimbing dengan bangga mengucapkan selamat dan memberikan apresiasi yang tinggi atas dedikasi, kerja keras, dan kecerdasan yang para siswa tunjukkan selama persiapan dan kompetisi. Para siswa juga telah membuktikan kemampuan luar biasa dalam menyelesaikan tantangan soal yang kompleks terintegrasi materi keislaman, dan ini adalah prestasi yang membanggakan tidak hanya bagi kalian, tetapi juga bagi Orang tua dan MAN 2 Kota Cilegon,” tutur Ihsan.

Ia juga berharap keberhasilan yang diraih dapat menjadi awal dari perjalanan kompetisi yang gemilang bagi para siswa.

“Teruslah memupuk rasa ingin tahu, tekad, dan semangat untuk mempelajari materi dan konsep bidang masing-masing. Pesaing dari kota/kab lainnya sedang mempersiapkan juga pada tingkat Provinsi, dan dengan pengetahuan dan keterampilan yang kalian miliki, semoga Anak-anak dapat memecahkan soal-soal yang lebih sulit dan kompleks serta terintegrasi,” kata Ihsan berpesan kepada anak didiknya.

Lebih lanjut Ihsan mengingatkan kepada para siswanya untuk selalu bersyukur dan menghargai dukungan yang telah diterima baik dari keluarga, teman, guru, dan semua pihak yang telah membantu dalam mencapai prestasi ini.

“Jangan lupa untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman dengan mereka yang mungkin membutuhkan bimbingan dan dorongan, karena melalui kolaborasi dan berbagi pengetahuan, kita dapat mengulang materi dan mendapatkan pengalaman menjawab soal yang lebih banyak,” tegasnya. (*/Hery)

Golkat ied