Dprd kanal

Helldy Minta Pejabat Pemkot Cilegon Tunjukkan Kapasitas dan Profesionalisme

Loading...

 

CILEGON – Wali Kota Cilegon Helldy Agustian merotasi dua pejabat eselon II di lingkungan Pemkot Cilegon, Senin 21 Agustus 2023.

Keduanya adalah Hayati Nufus yang sebelumnya menjabat Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) kini menjadi Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Cilegon.

Sedangkan Kepala Dukcapil diisi Eva Sarifah yang sebelumnya menjabat Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Cilegon.

Dalam sambutannya, Helldy mengatakan bahwa pergeseran kepala Dukcapil adalah hal yang paling ditunggu.

Hal itu karena mengganti kepala Dukcapil membutuhkan izin hingga ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) yang membutuhkan waktu cukup lama.

“Hari yang ditunggu akhirnya tiba. Bu Nufus (Hayati Nufus) ini karena sudah bertugas di Dukcapil selama sembilan tahun. Butuh kesabaran dalam prosesnya dan kini tiba waktunya,” kata Helldy.

Menurut Helldy, mutasi dan rotasi jabatan adalah hal yang biasa di dunia birokrasi pemerintahan. Yang jelas, pihaknya ingin ada kaderisasi di kalangan pegawai.

“Open bidding yang dilakukan di Jogjakarta beberapa waktu lalu mudah-mudahan Oktober ini sudah ada hasilnya dan bisa segera dilantik,” katanya.

PCM

Helldy mengharapkan, para pegawai yang naik jabatan benar-benar berdasarkan kinerja. Orang yang memiliki kapasitas dan profesional di bidangnya.

“Untuk memiliki kapasitas dan profesionalisme itu butuh proses. Banyak di antara kita yang enggak mau proses. Makanya di era kami sekarang tidak ada ceritanya mau naik jabatan main sogok. Sekali lagi kami ingin profesional. Jangan sampai bawahannya lebih pinter dari pimpinannya,” tegasnya.

Dia berpesan kepada Hayati Nufus agar bisa menjalankan tugas dengan baik di DPMPTSP. Antara lain melayani masyarakat, terutama di Mal Pelayanan Publik (MPP) yang menggelar 128 pelayanan.

“Tolong itu dimaksimalkan karena tiap pekan ada ribuan orang yang datang kesana,” pesannya.

Sedangkan kepada Eva Sarifah, Helldy berpesan agar data kependudukan betul-betul dikawal. Terlebih menjelang Pemilu 2024 akan banyak orang yang membutuhkan data kependudukan.

“Harus update karen pertumbuhan penduduk itu dinamis. Tolong pelayanan kita dijaga. Yang sudah baik buat lebih baik ke depan. Yang kurang bagus ditinggalkan,” ujarnya.

Sementara itu Hayati Nufus mengaku siap menjalankan perintah Wali Kota terkait peningkatan pelayanan di MPP.

Dia mengaku lega setelah menunggu izin pemerintah pusat untuk keluar dari Dukcapil.

“Pada prinsipnya kami siap bertugas dan melayani masyarakat,” ungkapnya.

Hadir pada pelantikan tersebut Sekda Maman Mauludin, Asda III Syafrudin, serta para kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD). (*/Red)

 

Bank bnten
WP-Backgrounds Lite by InoPlugs Web Design and Juwelier Schönmann 1010 Wien