Kelurahan Cikerai Kota Cilegon Raih Juara 3 Lomba Germas SAPA Tingkat Nasional 2024

 

CILEGON – Prestasi membanggakan diraih oleh Kelurahan Cikerai, Kota Cilegon, yang berhasil meraih penghargaan sebagai juara ketiga dalam Lomba Gerakan Masyarakat Sadar Pangan Aman (Germas SAPA) Tingkat Nasional Tahun 2024.

Penghargaan ini diberikan oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI dan diterima oleh Lurah Cikerai, Cecep Sukarya, di Aula Gedung Merah Putih, Kantor BPOM RI, Jakarta Pusat, Jumat (21/06/2024).

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Plt. Deputi Bidang Pengawasan Pangan Olahan BPOM RI, Ema Setyawati. Keberhasilan ini merupakan hasil kerja keras dan kolaborasi antara berbagai pihak, termasuk kelurahan, kader di wilayah Cikerai, Puskesmas, Kecamatan Cibeber, serta berbagai bidang pemerintahan terkait.

“Alhamdulillah, puji syukur Kelurahan Cikerai mendapatkan penghargaan juara 3 Lomba Desa/Kelurahan Pangan Aman tahun 2024 tingkat nasional. Ini semua berkat kerjasama yang baik dari pihak kelurahan, para kader di wilayah Cikerai, Puskesmas, Kecamatan Cibeber, dan unsur pemerintahan terkait. Terima kasih juga kepada Wali Kota Cilegon, Pak Helldy Agustian, yang telah mensuport dan memberikan dukungan kepada Kelurahan Cikerai,” ujar Cecep Sukarya saat dihubungi melalui telepon.

Loading...

Cecep juga menjelaskan berbagai persiapan yang dilakukan untuk mencapai prestasi ini.

“Mulai dari tahun 2022, kami membentuk kader ketahanan pangan, sosialisasi ke masyarakat, ibu-ibu posyandu, pedagang, sekolah, dan pengujian bahan pangan. Pada tahun 2023, kami mengadakan kegiatan sosialisasi ke masyarakat dan pengujian bahan pangan secara mandiri, tanpa BPOM. Tahun 2024, kami diundang untuk wawancara oleh tujuh kementerian, dan setelah lolos tahap verifikasi lapangan, alhamdulillah kami diundang ke Jakarta untuk menerima penghargaan juara 3,” jelasnya.

Wali Kota Cilegon, Helldy Agustian, turut mengucapkan selamat atas pencapaian ini.

“Pertama-tama, saya ucapkan selamat dan sukses kepada Kelurahan Cikerai atas penghargaan yang diterima. Semoga penghargaan ini dapat menjadi contoh bagi kelurahan-kelurahan lainnya di wilayah Kota Cilegon untuk meraih penghargaan bergengsi tingkat nasional ini,” pungkasnya.

Penghargaan ini diharapkan dapat memotivasi Kelurahan Cikerai untuk terus mempertahankan dan meningkatkan prestasi yang telah diraih, serta menjadi inspirasi bagi daerah lain untuk turut serta dalam menjaga keamanan pangan di lingkungan masing-masing. (*/Red)

Koperasi
WP-Backgrounds Lite by InoPlugs Web Design and Juwelier Schönmann 1010 Wien