Respon Cepat, Sanuji Sambangi Rumah Keluarga di Cilegon Yang Mengemis untuk Sekolah

Dprd ied

CILEGON – Ada satu keluarga yang mengemis di pinggir jalan, dengan mengenakan poster yang digantung di dada dengan bertuliskan “Mohon bantuan seikhlasnya untuk biaya anak daftar sekolah SMK”. Warga Kelurahan Masigit, Kecamatan Jombang, Kota Cilegon itu adalah keluarga pasangan Gita Bahari (61) dan Rosdiah (36) beserta anaknya bernama Suci Pamulia (15).

Melihat hal tersebut, Wakil Walikota Cilegon Sanuji Pentamarta bersama Kepala Dinas Pendidikan Kota Cilegon, ditemani anggota DPRD Kota Cilegon dari fraksi PKS Qoidatul Sitta mengunjungi keluarga yang sehari-harinya bekerja sebagai jasa duplikat kunci tersebut.

“Keluarga ini viral diberitakan, karena terpaksa mengemis untuk biaya pendaftaran anaknya yang akan masuk SMK. Tepat di alun-alun Kota Cilegon,” ucapnya, Rabu (19/05/2021).

Untuk soal kelanjutan pendidikan dari anak ini, Wakil Walikota Cilegon menjelaskan telah ada solusi dari Pemerintah. Dimana, remaja perempuan ini memilih sekolah di SMK, sambil ikut pondok pesantren.

InsyaAllah, anaknya memilih sekolah di SMK sambil pesantren. Akan segera diurus segala sesuatunya oleh Dinas Pendidikan Kota Cilegon,” kata Sanuji.

dprd tangsel

Meski menuai beragam reaksi dari netizen, namun Sanuji menegaskan bahwa yang dirinya harapkan semua permasalahan di Cilegon bisa teratasi, dan perbedaan pandangan terhadap cara menyelesaikan persoalan akan selalu ada.

“Kita do’akan, semoga Allah Subhanahu wa ta’ala mudahkan jalannya Suci Ajeng Pamulia. Untuk menyelesaikan pendidikan dan meraih cita-cita serta impiannya,” pungkasnya.

Sementara itu, anggota DPRD Kota Cilegon dari Dapil Jombang – Purwakarta Qoidatul Sitta mengatakan, ini merupakan langkah nyata untuk menanggapi peristiwa yang kemarin viral di Cilegon. Dimana, Pemkot Cilegon melalui Wakil Walikota langsung mendatangi rumah dari keluarga tersebut.

Selain itu, sebagai Wakil Rakyat dirinya pun melakukan hal tersebut sebagai bagian dari tindak lanjut aspirasi masyarakat. Untuk aspirasinya, Sitta berharap agar Ajeng bisa mendapatkan pendidikan yang layak.

“Ajeng pun mengucapkan banyak terimakasih karena cita-citanya untuk bersekolah langsung didengar. Kami akan membiayai full di SMK Al Insan Krotek,” ungkap Anggota Komisi II DPRD Kota Cilegon ini.

Sebelumnya, Ketua Komisi II DPRD Kota Cilegon, Faturohmi mengaku miris melihat masih ada warga Cilegon yang masih kesulitan biaya untuk bersekolah, saat ia melintas sekitar alun-alun Kota Cilegon. (*/A.Laksono).

Golkat ied