Walikota Helldy Buka Acara Baksos Pengobatan Gratis di Kelurahan Taman Baru

Dprd ied

 

CILEGON – Wali Kota Cilegon, Helldy Agustian, secara resmi membuka acara Bakti Sosial (Baksos) Pengobatan Gratis yang diinisiasi oleh Perhimpunan Kedokteran Wisata Kesehatan Indonesia (Perkedwi) Provinsi Banten, bekerja sama dengan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kota Cilegon.

Acara ini berlangsung di Halaman Kantor Kelurahan Taman Baru dengan antusiasme yang tinggi dari masyarakat setempat, Sabtu (24/2/2024).

Dalam sambutannya, Wali Kota Helldy menyampaikan apresiasinya terhadap kegiatan bakti sosial ini. Beliau mengucapkan terima kasih kepada Perkedwi Banten atas upaya mereka dalam memberikan layanan kesehatan gratis kepada masyarakat Cilegon.

“Kami menyambut baik inisiatif Perkedwi Banten dan IDI Kota Cilegon untuk memberikan pelayanan kesehatan gratis kepada masyarakat kami. Terima kasih telah berbagi kebahagiaan dan membawa dampak positif bagi kesejahteraan masyarakat,” ujarnya.

Wali Kota Helldy juga menyoroti perbedaan signifikan antara angka stunting berdasarkan survei dan hasil pengukuran aktual di Kota Cilegon. Meskipun data survei menunjukkan angka stunting sebesar 19%, melampaui target nasional 14%, hasil pengukuran aktual menempatkannya pada angka 9%, di bawah ketetapan nasional.

“Meskipun angka stunting aktual berada di 9%, kami tetap menyadari bahwa masih ada pekerjaan yang harus dilakukan untuk menangani masalah stunting di Kota Cilegon,” tambahnya.

dprd tangsel

Lebih lanjut, Wali Kota Helldy mengajak Perkedwi Banten untuk menjalin kerjasama dengan puskesmas di Kota Cilegon guna memperluas manfaat bakti sosial ini kepada seluruh lapisan masyarakat.

“Saya berharap kerjasama antara Perkedwi Banten dan puskesmas dapat ditingkatkan agar program pengobatan gratis ini dapat dirasakan oleh seluruh masyarakat Kota Cilegon,” katanya.

Ketua Perkedwi Banten, Dr. Arius Karman, menjelaskan bahwa kegiatan bakti sosial ini melibatkan pemeriksaan dan pengobatan gratis bagi masyarakat.

“Kami menyediakan layanan pemeriksaan darah dan berbagai layanan kesehatan lainnya, termasuk untuk ibu hamil dan lansia. Kami telah menyiapkan 15 dokter untuk memberikan layanan kepada masyarakat,” ungkapnya.

Arius juga menegaskan bahwa kegiatan serupa akan dilaksanakan di Kecamatan Cibeber setelah perayaan Idul Fitri, dan akan berlangsung setiap 6 bulan sekali.

“Kami berfokus pada Kecamatan Citangkil Kelurahan Taman Baru saat ini, dan nantinya akan melanjutkan kegiatan serupa di wilayah Kecamatan Cibeber,” jelasnya.

Dengan demikian, acara Bakti Sosial Pengobatan Gratis yang diinisiasi oleh Perkedwi Banten dan IDI Kota Cilegon menjadi langkah konkret dalam meningkatkan akses kesehatan masyarakat Kota Cilegon dan menangani masalah stunting secara menyeluruh. Semoga kegiatan ini dapat terus berlanjut dan memberikan manfaat yang besar bagi kesejahteraan masyarakat. (*/Red)

 

Golkat ied