Bom Bunuh Diri di Pospam Sukoharjo, Polda Banten Perketat Pengamanan di Tiap Pos

Gerindra Nizar

CILEGON – Terkait adanya kejadian dugaan bom bunuh diri Sukoharjo, Jawa Tengah, Dirlantas Polda Banten berharap seluruh anggota tidak panik atau takut sehingga bisa tetap fokus terhadap tugas pengamanan.

“Mungkin beberapa hal yang saya sampaikan kiranya bisa dilaksanakan oleh personel saya, pertama anggota tidak boleh panik, tidak boleh takut, tetep fokus terhadap pengamanan tentunya dengan meningkatkan kewaspadaan, mengenali mengawasi setiap orang khususnya yang tidak dikenal yang berada di sekitar Pospam atau lokasi tugas pengamanan personil, kemudian sistem pengamanan dilakukan oleh dua orang tidak boleh sendiri-sendiri,” ucap Kombes Pol Wibowo, Dirlantas Polda Banten.

Lebih lanjut, Kombes Pol Wibowo, Dirlantas Polda Banten, juga mengaku akan mengupayakan untuk setiap pos pengamanan minimal ada satu personil yang membawa senjata. Artinya masing-masing personil dapat saling melindungi rekannya.

Fraksi serang

“Tentunya penggunaan senjata ini akan kita gunakan apabila memang betul-betul dibutuhkan dengan pedoman Perkap 8 tahun 2009 tentang penggunaan senjata api di lingkungan Polri,” jelasnya.

Fraksi

Selain itu lanjutnya, anggota diperintahkan untuk memetakan jalur terdekat dan teraman untuk basecamp apabila situasi seperti di pospam Sukoharjo terjadi juga di Banten.

“Sehingga anggota sudah tau apa yang akan dilakukan, lari kemana apabila situasi kontingensi tersebut terjadi,” cetusnya.

Ia mengaku, dalam hal ini pihaknya akan melibatkan unsur TNI, serta masyarakat lainnya untuk mempertebal titik-titik lokasi atau pos-pos pengamanan kepolisian dengan harapan bisa mengurangi potensi terjadinya hal tersebut.

“Diharapkan tidak ada atau memperkecil niat daripada orang-orang serupa seperti di Sukoharjo,” tandasnya.

“Tetep berjalan seperti biasa, tetap fokus terhadap tugas pengamanan, tetap meningkatkan kewaspadaan, lakukan tindakan tegas dan terukur bila perlu gunakan senjata api apabila sewaktu-waktu dibutuhkan, mudah-mudahan kita semua khususnya anggota saya di lapangan semoga senantiasa diberikan perlindungan Allah SWT,” tandasnya. (*/Dave)

Gerindra kuswandi