Di Tasyakuran HPN dan HUT PWI, Al Muktabar Harap Pers Jadi Garda Terdepan Kawal Pembangunan di Banten

 

SERANG – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Banten gelar tasyakuran dalam rangka memperingati Hari Pers Nasional (HPN) 2024 yang bertepatan dengan HUT PWI ke-78 tahun, Jum’at (9/2/2024).

Tasyakuran peringatan HPN 2024 dan HUT PWI ke-78 tahun yang dilaksanakan di Sekretariat PWI Banten tersebut dihadiri langsung oleh Pj Gubernur Banten Al Muktabar, Humas Kanwil Kemenkumham Banten, Septi, Direktur Arfana Land Group, Shirojul Fahmi, Ketua Mada Laskar Merah Putih (LMP) Banten, Wawan Susanto, Ketua Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Banten, Lesman Bangun, Ketua Persatuan Radio Siaran Swasta Nasional Indonesia (PRSSNI) Banten, Cahyono Adi, beserta Pengurus dan Ketua PWI Kabupaten/Kota se-Banten.

Dalam sambutannya, Pj Gubernur Banten, Al Muktabar menyampaikan, HPN yang juga merupakan hari kelahiran PWI sebagai organisasi pers tertua di Indonesia, merupakan hari yang bersejarah bagi masyarakat pers.

“Hari ini merupakan hari yang bersejarah sebagai peringatan hari pers untuk mengenang jasa para pendahulu yang ikut berjuang melalui pemberitaan dan berbagai informasi untuk masyarakat,” katanya.

Untuk itu, Al Muktabar berharap generasi penerus para pejuang pers, dapat menjadi garda terdepan dalam mengawal pembangunan khususnya di Banten.

“Kita harus melanjutkan perjuangan ini, peran penting pers adalah menyatukan. Jadi, peran pers ini harus terdepan karena memiliki peran yang penting untuk mengkomunikasikan. Pers harus tampil didepan untuk menyuarakan serta mengingatkan agar berjalannya pembangunan di Banten dapat berjalan dengan baik,” ujarnya.

Pada kesempatan itu Al Muktabar juga menuturkan, pers adalah pilar utama bagi suatu bangsa. Untuk itu, pers juga sangat berperan dalam menjaga stabilitas baik di daerah maupun nasional.

Advertorial

Advertorial

“Tantangan ke depan pasti selalu ada, dan kita ingin mendapat peluang dari tantangan itu, dan disana ada peran pers yang saling menguatkan dan memberikan proses edukasi kepada seluruh elemen masyarakat,” ucapnya.

“Selamat hari pers, semoga pers di Banten dapat terus tumbuh dan berkembang dengan baik, sehingga dapat menyajikan dan memberikan informasi dan karya jurnalis yang baik,” ujarnya.

Di tempat yang sama, Ketua PWI Banten, Rian Nopandra menyampaikan apresiasi tinggi kepada Pj Gubernur Banten, Al Muktabar yang menyempatkan diri untuk hadir dalam kegiatan tasyakuran peringatan HPN 2024 dan HUT PWI ke-78.

“PWI Banten sangat mengapresiasi atas kehadiran Pj Gubernur, meski sedang hari libur, beliau menyempatkan waktu untuk hadir. Pak Pj Gubernur kesini tanpa pengawalan, bahkan nyetir sendiri. Ini sangat membanggakan dan jadi surprise (kejutan) bagi kita disini,” ucap pria yang akrab disapa Opan.

Pada momen HPN 2024 dan HUT PWI ke-78 tahun ini, Opan berharap apa yang telah dilakukan para pendahulu serta generasi pers saat ini mendapatkan ridho dan berkah dari Allah SWT.

“Semoga apa yang dilakukan pendahulu dan yang saat ini dilakukan oleh generasi kita dapat diberkati oleh yang maha kuasa. Insya Allah, kita sebagai masyarakat pers tetap berjuang dan solid bersama untuk menjadikan Banten lebih baik ke depan,” pungkasnya.

Untuk diketahui, peringatan HPN 2024 yang sejati dilaksanakan pada 9 Februari harus dilakukan perubahan jadwal lantaran berdekatan dengan pelaksanaan Pilpres dan Pileg 2024.

Semula rangakaian acara HPN 2024 akan dilaksanakan di Jakarta mulai tanggal 7-9 Februari, namun mempertimbangkan kepentingan nasional yang lebih besar, jadwalnya digeser menjadi tanggal 17-20 Februari 2024 mendatang. (*/Red)