Gerindra Bisa Reduksi Kekuatan Airin 

Lazisku

SERANG – Partai Gerindra dinilai memiliki kekuatan yang solid khususnya pada kontestasi Pemilihan Gubernur (Pilgub) Banten 2024 mendatang. Bahkan, Gerindra bisa mengikis Airin Rachmi Diany sebagai bakal calon Gubernur Banten terkuat dari Partai Golkar

Direktur Eksekutif Kajian Politik Nasional (KPN) Adib Miftahul mengatakan, soliditas dari partai besutan Prabowo Subianto itu tidak perlu diragukan lagi. Sebab, Gerindra telah berhasil mencetak tiga kali kememangan Pilpres untuk Prabowo di Banten.

“Secara mesin partai Gerindra merupakan partai besar di Banten,  terbukti dia menang dan mengantarkan Andra Soni (Ketua DPD Gerindra Banten) jadi ketua DPRD Banten di Pileg 2019,” ujar Adib kepada wartawan, pada Senin, (10/6/2024).

Ks

Menurutnya, kemenangan itu tidak mudah untuk diperoleh lantaran pada Pemilu 2014 dan 2019 lalu secara nasional PDIP keluar menjadi partai juara.

“Walaupun begitu Banten masih bisa dibertahankan. Namun di Pileg 2024, Gerindra tergeser oleh Golkar,” ucapnya.

Kpu

Kompaknya mesin partai, membuat Partai Gerindra semakin diperhitungkan Pilgub Banten 2024.

Adib pun berandai jika Koalisi Indonesia Maju (KIM) pecah dengan bergabungnya Gerindra ke kutub baru, maka hal tersebut akan menjadi kekuatan yang dapat mereduksi kekuatan Partai Golkar.

“Kalau misalnya KIM pecah dengan Airin ke PDIP, dan Gerindra ke Arief, maka hal tersebut akan menjadi kekuatan yang besar bagi Arief untuk mengores suara Airin. Sebab, mesin partai dari Gerindra ini tidak bisa diragukan lagi,” jelasnya.

Sebaliknya, jika KIM terus berlangsung dengan adanya koalisi antara Gerindra dengan Golkar, maka hal tersebut juga akan menjadi kekuatan besar yang dapat berseteru dengan kutub Arief-Dimyati yang saat ini tengah digadang-gadang akan berpasangan.

“Betul, sebaliknya kalau Gerindra tetap berada dibarisan KIM misalnya, tetapi kan sebagai partai besar di Banten, Gerindra harus memiliki bargaining untuk posisi pasangan Airin, sehingga dengan begitu akan menjadi lawan yang berat bagi Arief-Dimyati,” tambahnya. (*/Faqih)

DPRD Banten LH
WP-Backgrounds Lite by InoPlugs Web Design and Juwelier Schönmann 1010 Wien