Hardiknas, Momentum Tingkatkan Kualitas Pendidikan

BPRS CM tabungan

 

SERANG – Momentum peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun 2024 dapat dijadikan sebagai refleksi bersama dalam meningkatkan bidang pendidikan, khususnya di Provinsi Banten. Meskipun ada banyak capaian pembangunan dalam bidang pendidikan, namun Pemprov Banten melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Provinsi Banten terus menjadikan pendidikan sebagai salah satu prioritas dalam melayani masyarakat.

Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar berharap kepada seluruh insan pendidikan yang terlibat dalam proses belajar mengajar untuk terus meningkatkan kemampuan sehingga menumbuhkan kualitas pendidikan.

“Pemerintah terus berupaya memaksimalkan layanan pendidikan yang baik dan berkualitas, serta mendekatkan keterjangkauan pendidikan kepada masyarakat sesuai dengan kewenangannya,” ujarnya usai memimpin upacara Peringatan Hardiknas di lapangan Sekretariat Daerah Provinsi Banten, KP3B, Kamis, 2 Mei 2024.

Al Muktabar menyampaikan pada Musrembang RKPD Provinsi Banten tahun 2025, pihaknya menjadikan bidang pendidikan sebagai salah satu prioritas pembangunan, diantaranya menyiapkan sarana prasana pendukung dunia pendidikan. “Dalam menyongsong pencapaian Indonesia Emas 2045, dunia pendidikan menjadi kunci. Maka kita harus meningkatkan kualitas sumber daya manusia sebagai ikhtiar bersama,” tuturnya.

Loading...

Pada kesempatan itu, Al Muktabar juga berpesan kepada para siswa, guru, dan tenaga pendidik untuk dapat bersama-sama menjaga sarana dan prasarana pendidikan. Sehingga dapat memberikan rasa nyaman saat melakukan belajar mengajar.

“Kawasan yang baik itu menjadi tanggungjawab bersama dilingkungan sekolah, ini penting kita kedepankan,” jelasnya.

Sementara, Kepala Dindikbud Provinsi Banten Tabrani menyampaikan Pemprov Banten terus berupaya mendekatkan layanan pendidikan kepada masyarakat, diantaranya menyelesaikan Unit Sekolah Baru (USB) untuk seluruh sekolah filial yang ada di Provinsi Banten.

“Ada beberapa capaian di bidang pendidikan, Pemprov Banten melalui Dindikbud pertama telah menyelesaikan pembangunan seluruh sekolah filial secara bertahap, serta dari segi kesejahteraan Pemprov Banten melalui Dindikbud memberikan insentif kepada guru-guru swasta sejak tahun 2021,” ujarnya. Selain itu, para guru sekolah negeri juga mendapatkan tunjangan kinerja (Tukin) untuk meningkatkan kesejahteraan para pahlawan tanpa tanda jasa tersebut.

Tidak hanya itu, pihaknya terus berupaya meningkatkan kualitas SDM para guru melalui pendidikan dan pelatihan. “Sesuai harapan Pj Gubernur, kita terus meningkatkan kualitas penyelenggaraan dan hasil penyelenggaraan pendidikan yang ada di masing-masing sekolah,” pungkasnya.

Sebagai informasi, Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2024 ini mengusung tema ‘Bergerak Bersama, Lanjutkan Merdeka Belajar’. Adapun para peserta meliputi perwakilan siswa-siswi, para guru, kepala sekolah SMA/SMK/SKh Negeri yang ada di Provinsi Banten. (Adv)

Gerindra Banten Idul Adha
WP-Backgrounds Lite by InoPlugs Web Design and Juwelier Schönmann 1010 Wien