Baru 4 Hari Dilantik, Kepala SMPN 1 Anyar Rutinkan Gerakan Shalat Dhuha

SERANG – Adalah Syahrudin Hasibuan, Kepala SMPN 1 Anyar yang baru dilantik 4 hari lalu namun sudah melakukan gebrakan dalam kebijakannya. Salah satunya adalah Gerakan Shalat Dhuha yang diikuti okeh seluruh Civitas Akademik SMPN 1 Anyar.

Gerakan Shalat Dhuha ini digalakkan setiap hari Jumat. Selain shalat Dhuha berjama’ah, juga digelar siraman rohani yang disampaikan oleh ustadz yang berbeda setiap minggunya, dan kali ini, Ustadz Ali Akbar yang menyampaikan materi.

Perlu Diketahui, Gerakan Shalat Dhuha sangat berpengaruh dalam membentuk karakter siswa-siswi SMPN 1 Anyar, khususnya yang beragama Islam melalui ilmu-ilmu agama.

Shalat dhuha sendiri memiliki rahasia yang menakjubkan dengan bertaburkan keutamaan.

“Seandainya orang-orang yang melupakannya itu mengetahui keutamaannya, pastilah mereka tidak akan pernah melewatkan untuk shalat dhuha,” ucap Syahrudin, Kepala SMPN 1 Anyar, kepada Fakta Banten, ditemui usai shalat dhuha berjamaah, Jumat (31/8/2018) pagi.

Sujud berjamaah siswa dan guru pada momen Shalat Dhuha di SMPN 1 Anyar / Dok
Kartini dprd serang

Di antara keutamaannya itu adalah, pertama, sebagai pengganti sedekah anggota badan. Manusia memiliki 360 sendi, yang setiap sendinya hendaknya dikeluarkan sedekah pada setiap harinya. Tentu, hal ini merupakan pekerjaan yang sangat sulit untuk dilaksanakan. Akan tetapi, Rasulullah SAW menawarkan solusi praktis untuk mengatasi itu semua, yaitu dengan menggantinya dua rakaat shalat dhuha.

Rasulullah SAW bersabda, “Setiap sendi tubuh setiap orang di antara kamu harus disedekahi pada setiap harinya. Mengucapkan satu kali tasbih (Subhanallah) sama dengan satu sedekah, satu kali tahmid (Alhamdulillah) sama dengan satu sedekah, satu kali tahlil (La ilaha illallah) sama dengan satu sedekah, satu kali takbir (Allahu Akbar) sama dengan satu sedekah, satu kali menyuruh kebaikan sama dengan satu sedekah, dan satu kali mencegah kemungkaran sama dengan satu sedekah. Semua itu dapat dicukupi dengan melaksanakan dua rakaat shalat dhuha.” (HR Muslim dan Abu Dawud).

Kedua, dibangunkan istana dari emas. Rasulullah SAW bersabda, “Barang siapa shalat dhuha 12 rakaat, maka Allah SWT akan membangunkan baginya istana dari emas di surga.” (HR Ibnu Majah).

Ketiga, diampuni dosa-dosanya. Rasulullah SAW bersabda, “Barang siapa yang menjaga shalat dhuha, maka dosa-dosanya akan diampuni meskipun sebanyak buih di lautan.” (HR Ibnu Majah).

Dan tentunya masih banyak manfaat lain yang didapat dari melaksanakan shalat dhuha. (*/Angga)

Kepala SMPN 1 Anyar, Syahrudin Hasibuan, saat menyampaikan nasihat untuk murid-murid usai Shalat Dhuha Berjamaah / Dok
Polda