Helldy Ajak Warga Makan Buah dan Sayur untuk Hindari Stunting

pcm koperasi

 

CILEGON – Dinas Kesehatan Kota Cilegon menggelar kegiatan Gerakan Makan Buah dan Sayur, Aktifitas Fisik, serta Penanganan Stunting, di Aula Kecamatan Jombang, Jumat, 3 November 2023.

Acara dihadiri Wali Kota Cilegon Helldy Agustian, Kepala Dinas Kesehatan Kota Cilegon drg. Ratih Purnamasari, Camat Jombang Burhanudin, serta para lurah dan warga se-Kecamatan Jombang.

Dalam sambutannya, Helldy menilai pentingnya mengkonsumsi buah dan sayur dalam menu makanan sehari-hari untuk peningkatan kesehatan dan gizi masyarakat sekaligus menghindari stunting bagi anak-anak di Kota Cilegon.

Menurut Helldy, pertumbuhan anak yang lama antara lain disebabkan oleh asupan makanan yang tidak sesuai dengan kebutuhannya.

“Banyak yang tidak tahu kenapa anak-anak pertumbuhannya lambat. Itu dikarenakan pola makan yang tidak sesuai dan kurangnya gizi di dalam makanan,” jelas Helldy.

Loading...

Helldy pun mengajak masyarakat untuk mendukung kegiatan edukasi kesehatan yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan Kota Cilegon dalam upaya meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

“Kami berharap apa yang telah diedukasikan di sini oleh Dinas Kesehatan Kota Cilegon dapat diimplementasikan dengan sebaik-baiknya oleh masyarakat untuk meningkatkan kesehatan dan gizi,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Cilegon drg. Ratih Purnamasari menjelaskan, digelarnya acara tersebut untuk mengkampanyekan hidup bersih dan gaya hidup yang sehat di kalangan masyarakat.

“Kita Dinas Kesehatan Kota Cilegon mempunyai tugas pokok dan tujuan untuk merubah perilaku masyarakat Kota Cilegon menuju hidup bersih dan memilih gaya hidup yang sehat. Caranya dengan kita mengedukasi baik edukasi makanan yang baik dan bergizi serta melakukan kegiatan-kegiatan yang positif,” ujarnya.

Dikatakan Ratih, pola makan yang baik seperti menu buah, sayur dan makanan protein hewani harus dikonsumsi setiap hari untuk meningkatkan kesehatan gizi dan mencegah stunting.

“Sebetulnya tidak mahal ya, buah dan sayur yang setiap hari dijual di pasaran itu saya kira cukup. Dari pada uangnya dibelikan rokok lebih baik cukupi dulu kebutuhan gizi keluarga agar terbebas dari stunting,” ungkapnya. (*/Red)

Koperasi
WP-Backgrounds Lite by InoPlugs Web Design and Juwelier Schönmann 1010 Wien