Ini Penampakan Toilet Estetik Perdana Milik Duta STI

SERANG – Artis Lady Marsella ditunjuk oleh Menparekraf Sandiaga Uno sebagai Duta Satgas Toilet Indonesia (STI).

Untuk mendukung program toilet di daerah kunjungan wisata di seluruh Indonesia, Lady melakukan uji coba pembangunan toilet estetik di rumahnya.

“Iya, aku akan terapin konsep toilet estetika,” ujar wanita yang sempat membintangi sejumlah judul sinetron populer di zamannya itu kepada Fakta Banten saat dikonfirmasi, Senin (5/4/2021).

Lady memperlihatkan foto toilet estetik miliknya yang akan diterapkan di toilet wisata. Menurutnya toilet estetik akan membuat pengunjung nyaman, terlebih banyak aksesoris di lingkungan toilet wisata.

“Dengan penerapan 5 K, yakni kebersihan, kesehatan, keindahan, kenyamanan dan keimanan,” ucapnya.

Toilet Milik Duta STI /Dok

President Director dari perusahaan PT Marsella Cahya Permata itu menyebut, untuk membangun toilet estetik miliknya menghabiskan tarif Rp50 juta dan membutuhkan waktu 3 minggu.

“Kurang lebih 3 minggu. Sekitar kurang lebih Rp50 juta, yang terpenting accessoriesnya lengkap,” katanya.

Baca juga: Toilet Wisata di Banten Jadi Perhatian, Duta STI Datangi Wagub

Sebelumnya, wanita kelahiran 30 Maret 1990 ini menerangkan, STI sendiri salah satu komponen masyarakat yang mendukung rencana pemerintah melalui Kemenparekraf untuk memperbaiki kondisi toliet di daerah kunjungan wisata.

Tujuan pendirian STI, kata dia untuk memberi masukan kepada pemerintah dan stakeholder terkait tentang daerah-daerah yang perlu mendapat skala prioritas di awal untuk memperbaiki kondisi toilet.

Latar belakang pembentukan STI ini dikarenakan adanya keterbatasan kemampuan pemerintah untuk melakukan kampanye massif pentingnya memunculkan gerakan masyarakat cinta toilet yang bersih dan sehat.

Menurut Lady, pariwisata merupakan aset destinasi Indonesia yang sangat potensial, sehingga perlu adanya dukungan dari masyarakat luas terhadap potensi pariwisata khususnya dalam kebersihan toilet. (*/Faqih)