Tim Pengendali Inflasi Banten Tanam Cabai Berjamaah di Padarincang

SERANG – Tim Pengendali Inflasi Daerah Provinsi Banten menggiatkan program Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP) dengan bersama-sama menanam cabai di Desa Kadubeureum, Padarincang, Kabupaten Serang, pada Jumat, (1/9/2023).

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Banten, Imaduddin Sahabat dalam sambutannya mengatakan, kegiatan tersebut merupakan implementasi atas arahan Presiden, dalam mewujudkan sinergitas di tubuh Pemerintah Daerah untuk mengendalikan inflasi.

Dalam kesempatan itu Imaduddin menegaskan, bahwa kondisi inflasi di Provinsi Banten saat ini sangat terkendali. Bahkan kata dia, terjadi deflasi. Demikian sebutnya, merata hampir di kabupaten/kota se-Provinsi Banten.

“Inflasi Banten sangat terkendali. Merata hampir di seluruh kota. Ini luar biasa,” kata Imaduddin seraya mengapresiasi kerja-kerja Tim Pengendali Inflasi Daerah Provinsi Banten.

dprd tangsel

Di tempat yang sama, Pj Gubernur Provinsi Banten, Al Muktabar mengaku terus berikhtiar untuk dapat mengendalikan inflasi di Provinsi Banten.

“Ikhtiar yang kita lakukan terlihat hasilnya, seperti inflasi terkendali, pertumbuhan ekonomi baik, tingkat hunian hotel meningkat, lalu juga investasi kita dorong,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Provinsi Banten, Agus Tauchid melaporkan, jika cabai salah satu komoditas yang menyumbang inflasi di Provinsi Banten. Bahkan pasokan dan harganya sebut dia, tidak stabil.

Untuk itu kata dia, kolaborasi Pemprov Banten, Pemerintah Kabupaten/kota se-Banten beserta Bank Indonesia sangatlah diperlukan untuk terus memaksimalkan langkah-langkah strategis dalam pengendalian pangan. (*/Faqih)

Honda