Pemkot Cilegon Akan Revitalisasi Pasar Kranggot Agar Lebih Modern

Dprd ied

 

CILEGON – Pemerintah Kota Cilegon menggelar acara Expose Revitalisasi Pasar Kranggot bersama PT Urban Jakarta Komersial yang berlokasi di Ruang Rapat Walikota Cilegon, Kamis (24/04/2022).

Dalam kesempatan itu, Wakil Walikota Cilegon, Sanuji Pentamarta yang hadir pada rapat tersebut menyampaikan bahwa revitalisasi pasar perlu dilakukan untuk merubah kondisi pasar yang jauh lebih bersih dan modern.

“Dengan dilakukannya revitalisasi pada Pasar Kranggot nanti kondisi pasar akan jauh lebih bersih dan tertata, termasuk juga pengelompokan pedagang pengelolaannya juga nanti akan jauh lebih baik sehingga nanti akan memberikan kenyamanan kepada masyarakat,” ujarnya.

Sementara itu, Direktur Utama PT. Urban Jakarta Komersial, Hendri mengatakan bahwa terdapat 7 konsep yang akan diterapkan pada Revitalisasi Pasar Kranggot.

“Terdapat 7 konsep yang akan kami terapakan pada revitalisasi Pasar Kranggot ini yaitu menerapkan konsep pasar tradisional yang bersih dan modern, menciptakan konsep pasar digital keluarga dan milenial, menciptakan pasar sebagai tujuan wisata belanja untuk semua kalangan, menjadikan bangunan pasar sebagai Green Building, memberikan kenyamanan belanja dengan zoning yang jelas dan mengutamakan kebersihan pasar sebagai prioritas,’ ucapnya.

dprd tangsel

Lebih lanjut, Hendri menjelaskan bahwa Pasar Kranggot akan memiliki struktur bangunan 3 lantai.

“Saat ini kami sudah memiliki desain untuk Pasar Kranggot dimana pada desain kami Pasar Kranggot nanti akan memiliki struktur bangunan 3 lantai dengan memiliki semi basment, dimana semi basment ini nanti akan diisi oleh pedagang Sayur Mayur, Ikan Daging, Rempah – Rempah dan Buah – Buahan,” ungkapnya.

“Untuk lantai ground nanti akan diisi oleh pedagang klontong, bahan kue, emas dan sembako lantai 1 diisi pedagang Pakaian, Tekstil, Elektronik serta cafe dan untuk lantai 2 nanti diisi untuk Ruang Pertemuan, Outdour Cafe, Landscape dan Kantor,” sambungnya.

Di akhir sambutannya, Hendri menambahkan bahwa perlu dilakukannya pembangunan gedung parkir untuk memberikan kenyamanan dan keamanan bagi pengunjung pasar.

“Jumlah lot parkir di Pasar Kranggot masih sangat terbatas masih banyak warga yang parkir di samping para pedagang, oleh sebab itu pembangunan gedung parkir sangat diperlukan untuk memberikan kenyamanan dan keamanan pengunjung Pasar Kranggot, dan nanti untuk akses dari parkiran ke area pasar akan dibuat koridor khusus pejalan kaki yang nyaman dan bersih,” pungkasnya.

Kegiatan ini dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kota Cilegon, Asisten Daerah I,II dan III Setda Kota Cilegon, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Cilegon Safarudin dan Pejabat Eselon II di Lingkungan Pemerintah Kota Cilegon. (*/Red)

Golkat ied