Sunnah Rasulullah SAW untuk Berkumur Usai Minum Susu

FAKTA – Susu adalah salah satu minuman yang tercatat dalam Al-Quran. Susu juga jadi minuman favorit Rasulullah SAW. Usai minum susu, Rasulullah SAW menganjurkan untuk berkumur dengan air putih.

Dalam AL-Quran surah An Nahl ayat 16, susu disebutkan sebagai salah satu minuman yang bersih dan bermanfaat untuk kesehatan. Rasulullah SAW semasa hidup juga gemar menikmati susu, baik itu susu unta maupun susu kambing.

“Dan sesungguhnya pada binatang ternak itu benar-benar terdapat pelajaran bagi kamu. Kami memberimu minum dari pada apa yang berada dalam perutnya (berupa) susu yang bersih antara tahi dan darah, yang mudah ditelan bagi orang-orang yang meminumnya.” QS An-Nahl ayat 16.

Susu saat ini dikonsumsi sebagai minuman harian. Apalagi susu mengandung protein, kalsium dan vitamin yang memberi pengaruh positif untuk kesehatan sehingga semakin banyak yang meminumnya.

Kandungan kalsium pada susu memberi efek positif untuk menguatkan gigi dan tulang namun jika salah konsumsi, susu justru bisa berpotensi merusak gigi. Rasulullah SAW menganjurkan untuk berkumur setelah minum susu.

Tujuannya adalah agar sisa susu tidak mengendap pada gigi sehingga membuat gigi rusak dan bolong. Berkumur juga berfungsi untuk membilas mulut agar rasa susu tidak tertinggal pada mulut.

Dalam hadits riwayat al-Bukhari menceritakan, “Dari Ibn Abbas: Bahwa Rasulullah SAW minum susu kemudian berkumur-kumur, beliau lalu bersabda: sesungguhnya susu mengandung lemak.”

Keterangan Syaikh Abu Abdillah Al Maqdisi menyebutkan dalam Ar Ri’ayah bahwa Rasulullah SAW pernah berkumur dengan air sesudah minum susu. Bahkan Rasulullah SAW juga kerap mencampur susu dengan air putih.

Dalam dunia medis, berkumur atau membilas mulut usai minum susu memang disarankan untuk membersihkan rongga mulut dan gigi. Air putih ini mampu melarutkan sisa susu yang tertinggal di rongga gigi.

Jadi usai minum susu, sebaiknya lanjutkan dengan berkumur atau minum air putih. Selain menjalankan sunnah Rasulullah SAW, hal ini juga membantu menjaga kesehatan mulut. (*/Detik)

Demokrat
Royal Juli