Usai Shalat Tarawih, Warga Kota Serang Dikagetkan Munculnya Ular Besar di Selokan Masjid

Inspektorat berkarya

SERANG– Warga Perumahan Puri Delta, Kelurahan Kasemen, Kecamatan Kasemen, Kota Serang dikagetkan dengan kemunculan seekor ular sanca batik (malayophyton reticulatus) sepanjang 3 meter usai melaksanakan shalat tarawih di masjid.

Salah seorang warga sekitar, Hendrik menuturkan, jika dirinya sempat mendengar suara mendesis saat sedang melaksanakan shalat tarawih. Hingga usai shalat, dirinya pun bersama warga berinisiatif mencari keberadaan suara tersebut.

“Pas lagi shalat denger suara desisan gitu, pas selesai (shalat) langsung saya lepas sarung dan simpan sajadah untuk nyari sumber suara itu,” ucapnya, Minggu (2/5/2021) malam.

Baru saja dirinya melangkahkan kaki, betapa kagetnya saat seekor ular sanca nyaris sebesar betis orang dewasa sedang memangsa seekor tikus di selokan yang berada di depan masjid.

Tanpa berpikir panjang, Hendrik dan sejumlah warga yang baru selesai shalat pun bergegas mencari benda-benda yang bisa digunakan untuk mengevakuasi ular tersebut.

“Langsung nyari kayu, terus ditahan kepalanya sama kayu, dan ada yang turun ke selokan buat megang kepalanya. Posisinya dia lagi makan tikus, itu aja badan tikusnya belum ditelan semua,” ungkapnya.

PKS bank Banten dede

Di tempat yang sama, warga lainnya, Ade mengatakan, jika dirinya nekat menangkap ular tersebut lantaran khawatir kabur ke dalam gorong-gorong selokan. Sehingga hal itu akan susah dilakukan, serta ditakutkan bisa membahayakan anak-anak kecil yang kerap bermain di sekitaran masjid.

“Saya pegang kepalanya, itu tubuhnya sempat melilit ke tangan. Untung dibantu sama yang lain, yang pegang bagian badan dan ekornya. Takut aja, soalnya di sini banyak anak-anak kecil,” kata Ade.

Menurut Ade, jika kemunculan ular berukuran besar diduga berasal dari sungai yang berada tidak jauh dari pemukiman warga. Namun diakuinya, jika perisitiwa tersebut merupakan kali pertama terjadi di lingkungan sekitarnya.

“Kayaknya dari sungai, kan gak jauh dari sini. Ini baru pertama, sebelumnya sih gak pernah ada,” ujarnya.

Kini, ular tersebut sudah diamankan oleh warga di sebuah kandang kawat yang berada di salah satu rumah warga. Ular itu pun langsung menarik perhatian warga lainnya yang datang untuk melihat salah satu reptile besar tersebut.

“Belum tahu ini (ular) mau diapain, sementara disimpan aja dulu di kandang. Sambil kita patroli, khawatir masih ada yang lainnya” tandasnya. (*/YS)

Ied posco kadin
KS royal setda