Mulai Langka, Santri Ponpes Assa’adah Kota Serang Ciptakan Hand Sanitizer Sendiri

0
Pemkot_HUT Pandeglang

SERANG – Di tengah mewabahnya virus covid-19, menjaga kebersihan pribadi dan lingkungan adalah usaha yang efektif dalam melawan penyebaran virus tersebut salah satunya yaitu dengan rajin mencuci tangan dengan sabun atau membersihkan tangan dengan menggunakan hand sanitizer. Namun semakin langkanya hand sanitizer di pasaran membuat harga hand sanitizer melambung tinggi.

Melihat fenomena tersebut santri Pondok Pesantren Modern Assa’adah di Serang Banten berinisatif membuat hand sanitizer sendiri, seperti dalam rilis yang diterima faktabanten.co.id, Jum’at (20/3/2020)

Santriwati Ponpes Assa’adah Kota Serang yang berhasil membuat hand sanitizer sendiri /dok
Supiyanto

Para santri mencari informasi melalui internet dan berbagai sumber maka bahan-bahan yang dipakai dalam membuat Hand Sanitizer menggunakan bahan yang murah dan mudah di dapat, yaitu Alcohol Isopropyl, Aloevera gel dan Essential Oil, Setelah diracik dan jadi, kemudian hand sanitizer kemudian dikemas dalam botol fliptop ukuran 50 ml sehingga bisa dimasukkan ke dalam kantong dan mudah dibawa kemana-mana.

Alcohol bersifat desinfektan mencegah terjadinya infeksi atau pencemaran oleh jasad renik atau obat untuk membasmi kuman penyakit, sementara gel lidah buaya (Aloe Vera) mempunyai sifat antifungal, anti bakteri serta pengental, dan Essential Oil (Minyak Atsiri) sebagai pewangi yang membuat hand sanitizer semakin nyaman digunakan.

Bahan-bahan untuk pembuatan hand sanitizer /dok

Para santri sangat antusias dalam membuat hand sanitizer sendiri tersebut, mereka bisa mempraktekan ilmu yang didapatkan dan bisa memberikan manfaat untuk dirinya sendiri serta memberikan sedikit manfaat kepada orang lain.

Hand Sanitizer tersebut diberi nama “Santri Hand Sanitizer” pembersih tangan antiseptic karya santri Pondok Pesantren Modern Assa’adah serang Banten. (*/Adv/Red)

Loading...

Tinggalkan pesanan

Email anda tidak akan dipublikasi